Mitos Paling Tidak Masuk Akal dari Tokoh Olahraga

Internasional / 3 October 2010

Kalangan Sendiri

Mitos Paling Tidak Masuk Akal dari Tokoh Olahraga

Lois Official Writer
4072

Bagi Anda pecinta olahraga, khususnya mungkin sepak bola, pernahkah Anda memperhatikan apa yang dilakukan oleh para pemainnya sebelum bertanding? Ada yang berdoa tapi ada juga yang melakukan hal yang cukup aneh, yang juga tidak sesuai iman mereka.

Misalnya saja ada satu faktor krusial yang juga menentukan buat mereka, celana keberuntungan. Padahal seharusnya olahraga adalah kolaborasi usaha dan bakat. Banyak atlet ternama yang telah dilatih bertahun-tahun akan tampil kurang pede karena lupa memakai celana yang tepat, atau lupa mencium lambang tim sebelum keluar lapangan, atau memotong kuku hoki sebelum final. Mungkin, ada juga yang selalu mencium kalung salibnya.

Takhyul ada di setiap jengkal kegiatan olahraga. Ilmuwan dari University of Cologne mengadakan percobaan dengan dua grup pemain golf amatir. Keduanya diminta bermain, tapi satu grup diberitahu bahwa mereka punya bola hoki. Akhirnya, kelompok yang merasa dirinya beruntung menang dari yang tidak. Dan ini bukan penelitian pertama tentang hubungan keberuntungan dengan merasa beruntung.

Dan karena ini memang telah terbukti secara ilmiah, inilah daftar mitos milik atlet dunia yang mungkin. Bintang Chicago Bulls yang satu ini merupakan atlet yang hebat, namanya Michael Jordan. Namun, jika Anda perhatikan, celananya selalu terlihat kesempitan daripada pemain lain. Sepanjang karir NBA-nya, ia selalu mengenakan celana pendek tuanya saat di University of North Carolina di dalam celana pendek timnya.

Raymond Domenech, mantan pelatih timnas Perancis ini memang tidak dikenal sebagai orang yang paling rasional dalam pemilihan pemain dan taktik, tapi ternyata ada yang lebih parah. Ia memilih tim berdasarkan horoskop. Skorpio dianggap punya pengaruh jelek baginya sedangkan Leo patut diwaspadai karena suka pamer.

Tentunya Anda tahu David Beckham, pemain Inggris ini punya kecenderungan untuk mengatur barangnya sedemikian rupa, seperti, setiap barang dalam kulkas harus diatur seturut kehendaknya. Dan jika ada tiga kaleng Pepsi, ia akan membuang satu agar hasilnya seimbang.

Gary Lineker mencetak banyak gol untuk Leicester City, Everton, Barcelona, Spurs, dan Inggris tapi tidak sebelum pertandingan. Ia percaya bahwa mencetak gol saat pemanasan bisa bawa sial. Serena Williams saat gagal total di Perancis Terbuka 2008, mengatakan, “Saya tidak mengikat tali sepatu dengan cara biasa, saya tidak memantulkan bola lima kali dan saya tidak membawa sandal mandi saya ke lapangan. Saya tidak punya baju tambahan. Saat itu juga saya tahu, ini bakal kejadian.”

Bobby Moore, yang menjadi kapten Inggris ini harus jadi orang terakhir yang pakai celana sebelum pertandingan. Saat rekan satu tim Martin Peters menggoda dengan memakai celana lalu melepaskannya lagi, Moore menurunkan celananya dan menolak memakainya lagi sebelum Martin. Dan satu lagi, Kapten Chelsea, John Terry, punya sekitar 50 macam ritual, mulai dari harus duduk di bangku yang sama di bus tim, parkir di tempat yang sama hingga harus pipis di tempat yang sama.

Penelitian ini sebenarnya tidak menunjukkan bahwa dengan benda yang membawa keberuntungan ataupun melakukan sesuatu yang diyakini bisa membuat keberuntugnan, akan membuat Anda menang, tapi karena keyakinan dan rasa percaya diri yang membuat Anda berhasil. Jadi, yang penting adalah pikiran positif.

Sumber : msn/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami