Ilham Aidit : No Future Without Forgiveness

Nasional / 2 October 2010

Kalangan Sendiri

Ilham Aidit : No Future Without Forgiveness

daniel.tanamal Official Writer
7421

Testimoni Ilham Aidit, Putra Ketua CC PKI DN Aidit, juga mengisahkan kondisi traumatis yang dialaminya. Warisan "dendam" menghantui hidupnya. Pada suatu pagi, saat usianya menginjak 6,5 tahun, ia melihat sebuah tulisan besar di tembok "Gantung Aidit, Bubarkan PKI". "Saya kaget melihat tulisan itu. Tubuh saya bergetar. Dan saya merasa, sejak pagi itu, hidup saya akan sulit dan gelap. Sejak saat itu pula, saya tidak berani menyematkan nama "Aidit", nama ayah, di belakang nama saya," tutur Ilham pada acara yang sama. Ia merasa, ayahnya sudah menjadi musuh besar bangsa Indonesia.

Menginjak pendidikan di SMP, masa-masa sulit dialaminya. Ilham remaja kerap berkelahi karena ejekan rekan-rekan sebaya terhadap ayahnya. "Setiap ada orang yang mengejek ayah saya, saya selalu melawan dan selalu kalah karena yang mengeroyok saya puluhan orang," ujarnya.

Semua berlalu hingga suatu saat sejumlah penggagas dan pendiri FSAB mengajak Ilham mendeklarasikan forum tersebut pada tahun 2003. Awalnya, ia enggan dan bertanya-tanya apa yang akan dilakukan forum silaturahim itu. Ketakutan terhadap sepak terjang sang ayah membuat Ilham merasa tak diterima. "Tapi, sejak itu pula, saat FSAB dideklarasikan, kali pertama saya kembali memakai nama Aidit di belakang nama saya, dan saya tetap hidup. Terima kasih kepada FSAB," kata Ilham.

Melalui FSAB, ia berharap, upaya rekonsiliasi dengan keluarga korban Gerakan 30 September akan terjadi. "Ini adalah forum silaturahim kebangsaan. Saya berharap bisa menjadi jembatan untuk sebuah proses rekonsiliasi. Meski sulit, harus kita lalui karena ini akan menjadi proses yang bermanfaat bahwa mereka yang pernah keliru punya jiwa besar untuk meminta maaf dan para korban juga bisa memaafkan," harap Ilham. Dan ia mengingat sebuah kalimat dari tokoh Afrika Desmond Tutu sebagai penutup testimoninya yaitu “No future without forgiveness,” atau masa depan tak kan tercapai tanpa pengampunan.

 

 

Sumber : Jawaban.com/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami