Inilah Alasan Dibangunnya Mesjid Dekat Ground Zero

Inilah Alasan Dibangunnya Mesjid Dekat Ground Zero

Lois Official Writer
5095

Dalam sebuah wawancara di program televise CBS 60 Minutes, Imam Faisal Abdul Rauf, imam New York yang menjadi otak perencana pembangunan masjid serta pusat kebudayaan Islam di Kota New York, Amerika Serikat menyatakan, bahwa sudah menjadi tugasnya untuk membantu melindungi warga non-Muslim AS dari kekerasan teroris.

Karena itulah, dia bermaksud mendirikan pusat kebudayaan Islam di dekat Ground Zero. Dengan proyek ini, dia bermaksud mencegah terjadinya kemungkinan serangan 11 September yang bisa saja kembali terjadi. “Amerika membutuhkan tempat itu (pusat kebudayaan Islam) dan warga Muslim dunia juga membutuhkannya,” ungkap Imam Rauf dalam wawancaranya dengan 60 Minutes seperti dikutip Reuters, Senin (27/9).

Sebelumnya banyak pihak yang mengkritisi pembangunan pusat kebudayaan Islam sekitar dua blok dari lokasi Ground Zero, amatlah tidak sensitif dan seperti mencoreng muka anggota keluarga yang ditinggalkan. Sementara para pendukung rencana ini menuduh banyak politisi menggunakan isu ini untuk menyetir emosi warga AS, sebelum debat pemilihan anggota Kongres AS pada 2 November mendatang.

“Kami ingin mencegah terulangnya kembali serangan 9/11, untuk itu butuh wadah untuk memperkuat suara moderat. Kampanye untuk memenangkan hati dan pikiran warga AS adalah sangat penting dibandingkan perang melalui tindakan radikal kalangan ekstrim,” tandas Imam Rauf.

Lebih lanjut Imam Rauf menambahkan pembangunan mesjid dan pusat kebudayaan yang lokasinya berdekatan dengan lokasi runtuhnya gedung World Trade Center (WTC) tersebut, dilakukan untuk menciptakan perdamaian. Namun, bagaimanapun juga, kasus ini masih menjadi pro kontra antara kaum Muslim dan non-Muslim pada khususnya, termasuk umat Kristen yang menjadi kaum mayoritas di sana.

Sumber : okezone/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami