Penerbang Akrobatik di Bandung Air Show Meninggal Dunia

Nasional / 27 September 2010

Kalangan Sendiri

Penerbang Akrobatik di Bandung Air Show Meninggal Dunia

Lois Official Writer
4696

Alexander Supeli (54) merupakan pilot yang mengalami kecelakaan dan langsung dibawa ke rumah sakit pada saat melakukan atraksi di Bandung Air Show dan satu-satunya penerbang aerobatic dari kalangan sipil yang masih terus eksis hingga akhir hayatnya. Alexander tidak dapat bertahan dan akhirnya meninggal pada hari Minggu (26/9) pukul 05.31 di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung.

Kecelakaan ini terjadi karena dia gagal melakukan salah satu atraksi rolling back. Gerakan ini adalah salah satu atraksi berbahaya dalam acrobat pesawat terbang. Gerakan rolling back adalah gerakan memutar pesawat di udara, tetapi dengan ketinggian pesawat hanya sekitar 300 kaki dari landasan. Dibutuhkan keahlian dan jam terbang tinggi bagi pilot yang melakukan atraksi ini.

Alexander gagal melewati masa kritis 72 jam setelah operasi pertama. Dia meninggal dunia sekitar 66 jam pasca operasi dilakukan yaitu setelah mengalami gagal organ akibat masuknya cairan tubuh ke organ vital seperti ginjal dan kepala. Jenazah Alex sudah disemayamkan sejak pukul 08.20 dan menunggu dimakamkan di Bojong, Majalaya, Kabupaten Bandung.

Rekan Alex saat melakukan maneuver di Bandung Air Show, Jumat lalu (24/9), Esther Gayatri mengatakan klub penerbangan, Aeroclub, sangat kehilangan sosok Alex. Alex yang sudah berpengalaman terbang hingga 2000 jam, selalu tidak pernah pelit dalam membagikan keahlian kepada juniornya.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami