Menko Kesra : Gereja Harus Berperan Cegah Penyebaran HIV/Aids

Internasional / 25 September 2010

Kalangan Sendiri

Menko Kesra : Gereja Harus Berperan Cegah Penyebaran HIV/Aids

Puji Astuti Official Writer
2557

Pada saat menghadiri Konsultasi Nasional Gereja dan Aids Persatuan Gereja Indonesia yang di selenggarakan di Minahasa Utara, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono mengharapkan agar gereja dapat berperan aktif dalam mencegah penyebaran HIV/Aids di setiap daerah dimana gereja itu berada.

"Ketika gereja berperan menyebarkan pencegahan HIV/Aids kepada jemaatnya, setidaknya sudah membantu program pemerintah agar generasi muda bisa terselamatkan," demikian ungkap Menko Kesra.

Menko Kesra juga mengingatkan gereja pentingnya sosialisasi berkesinambungan, karena sosialisasi merupakan upaya pencegahan yang efektif dan dapat menekan jumlah kematian dan penyebaran HIV/Aids. Penyebaran HIV/Aids pada beberapa tahun terakhir ini angkanya meningkat drastis dan cukup mengkuatirkan. Untuk itu dihadapan Gubernur Sulut, SH Sarundajang dan para peserta konsultasi nasional tersebut, Agung Laksono meminta agar berbagai organisasi sosial dan para tokoh agama dapat bekerja sama dengan pemerintah dalam melakukan upaya pencegahan penyakit ini.

Di daerah Sulawesi Utara sendiri, sejak penyakit ini di deteksi pada tahun 1997 hingga Juni 2010, terdata ada sekitar 646 kasus HIV/Aids yang didominasi oleh warga gereja. Hal ini menjadi sebuah peringatan bahwa warga gereja juga rentan terjangkit penyakit mematikan ini. Semoga dengan konsilidasi nasional ini, gereja-gereja di Indonesia lebih gencar lagi dalam melakukan sosialisasi kepada umatnya sehingga mampu menekan bertambahnya jumlah mereka yang terjangkit HIV/Aids.

Sumber : Christian Post
Halaman :
1

Ikuti Kami