Paus Hadapi Protes dalam Lawatan ke Inggris

Internasional / 17 September 2010

Kalangan Sendiri

Paus Hadapi Protes dalam Lawatan ke Inggris

Lois Official Writer
2739

Ribuan pendukung menyambut Paus Benediktus XVI pada awal kunjungan bersejarah selama empat hari di Inggris. Pada hari ini (17/9) Paus melakukan misa di Taman Bellahouston, Glasgow, Skotlandia. Paus menyerukan agar Inggris menolak sekularisme dan memperingatkan bahaya menghilangkan kepercayaan agama dari wacana publik.

Kunjungan itu juga dibayangi tentang adanya pelecehan seksual oleh rohaniwan Katolik. Sri Paus memulai lawatannya hari Kamis lalu (16/9) dengan mengakui bahwa para pemimpin gereja tidak cukup tanggap dan gagal bertindak dengan cepat dalam menangani para rohaniwan yang melecehkan dan memperkosa anak-anak di paroki mereka.

Sekitar 65.000 umat mengikuti misa itu, tidak seperti yang diperkirakan gereja setempat akan diikuti oleh 100.000 jemaat. Hal ini mungkin dikarenakan banyak orang Inggris yang marah karena praktik puluhan tahun Vatikan untuk melindungi rohaniwan pedofil. Banyak orang lainnya sangat berbeda pendapat dengan sikap Sri Paus terhadap kaum homoseksual, aborsi, dan kontrasepsi.

Ian Paisley, pendiri Gereja Presbiterian Ulster di dalam laman Telegraph mengatakan, “Saya baru tahu dari website mereka jika Anda membayar ₤25 (sekitar Rp 350.000) dan pergi melakukan perbuatan yang tidak baik saat ini, maka Anda akan lebih cepat keluar dari api penyucian”

Paus dijadwalkan bertemu para pemimpin Inggris, termasuk di antaranya Ratu Elizabeth dan Perdana Menteri David Cameron. Para pembayar pajak Inggris diperkirakan akan menyumbang sekitar $ 18 juta untuk lawatan itu. Acara utama kunjungan itu adalah misa untuk mengangkat Kardinal John Henry Newman yang hidup pada abad ke-19 sebagai calon orang suci.

Sumber : voanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami