Malam Ini, HI Diterangi 1000 Lilin Keprihatinan Tragedi HKBP

Nasional / 16 September 2010

Kalangan Sendiri

Malam Ini, HI Diterangi 1000 Lilin Keprihatinan Tragedi HKBP

daniel.tanamal Official Writer
3092

Rencananya sekitar 1500 orang dari elemen mahasiswa, organisasi keagamaan, dan LSM, akan bergabung dalam Forum Solidaritas Kebebasan Beragama (FSKB) yang akan menggelar aksi keprihatinan 1000 lilin di Bundaran HI Jakarta malam ini pada pukul 19.00, menuntut Presiden mencabut Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri yang dinilai tidak menjamin kebebasan beragama.

"Iya kita akan menyalakan 1000 lilin, menyanyikan lagu Indonesia raya, spanduk-spanduk, dan orasi," ujar Koordinator Aksi, Stefanus Gusma, Kamis (16/9/2010) di Jakarta.

Sebelum menggelar aksi di Hotel Indonesia, FSKB akan mendatangi markas besar Polri, menuntut ketegasan Polisi menyelesaikan masalah kekerasan terhadap umat beragama, khususnya insiden penusukan sintua HKBP Pondok Timur Hasian Sihombing dan pemukulan terhadap Pendeta Luspida Simanjuntak.

Terkait insiden HKBP Pondok Timur, Gusma menilai bahwa penolakan terhadap umat HKBP di beberapa wilayah bukanlah konflik horizontal, atau konflik antaragama. "Jangan ditarik jadi konflik antara Islam dan Kristen," tuturnya.

Masalah penolakan HKBP tersebut, kata Gusma adalah kelalaian pemerintah dalam membangun sistem kebijakan kebebasan beragama. "Kita harapkan jangan terulang dan kasus HKBP menjadi triger buat kita melakukan yang lebih besar karena pemerintah belum melakukan apa-apa," pungkas Gusma.

Kepolisian sendiri telah menetapkan 10 tersangka dalam kasus HKBP Pondok Timur, salah satunya adalah Ketua FPI Bekasi Muharli Barda. Namun dalam pengakuannya kepada kuasa hukum FPI Munarwan, Muharli mengaku insiden itu terjadi karena ada bentrok dengan jemaat HKBP bukan penghadangan seperti yang telah diberitakan oleh seluruh media sebelumnya.

Mari kita dukung terus pengusutan Tragedi HKBP Pondok Timur dan segala bentuk aksi solidaritas yang menjunjung tinggi semangat persatuan pluralisme di Indonesia.

 

Untuk mendoakan pengusutan masalah ini dan saudara-saudara kita di HKBP Pondok Timur, silahkan anda klik disini

Sumber : kompas.com/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami