Australia Negara Paling Suka Beramal,  Lalu Indonesia?

Nasional / 12 September 2010

Kalangan Sendiri

Australia Negara Paling Suka Beramal, Lalu Indonesia?

Puji Astuti Official Writer
3139

Australia dan New Zealand menduduki peringkat pertama sebagai negara paling banyak memberi untuk pelayanan sosial dan Amerika Serikat harus puas duduk di peringkat nomor lima. Data negara-negara berdasarkan tingkat kemauan beramal rakyatnya ini berdasarkan survey di 153 negara. Mereka mensurvey penduduknya seberapa besar mereka mendonasikan waktu dan uang mereka untuk kegiatan sosial.

China menduduki urutan paling bawah bersama dengan negara Madagaskar. Laporan yang dirilis oleh Charities Aid Foundation yang berbasis di Inggris tersebut membagi data berdasarkan kategori-kategori tertentu, sebagai contoh di Lithuania, 4 % orang memberikan uang sebagai sumbangan sosial, hal ini sangat sedikit dibandingkan dengan Malta yang mencapai 83 % penduduknya suka memberi.

Survei ini mengurutkan berdasarkan kesediaan orang menyumbangkan uangnya, waktunya dan juga kesediaan mereka untuk menolong orang asing. Berdasarkan survey ini, terlihat bahwa negara-negara yang paling sedikit memberi adalah negara-negara dengan penduduk paling banyak, yaitu India di urutan 134, Rusia di urutan 138 dan China di urutan 147.

Lalu Indonesia di urutan keberapa ya? Ternyata Indonesia berada di urutan ke 50, dengan 45% penduduknya suka menyumbangkan uang, 27 % penduduk Indonesia suka menjadi sukarelawan dan 35% orang mau menolong orang asing.

Dalam laporan ini dikatakan bahwa hampir di semua wilayah, rata-rata penduduknya suka beramal dan menolong orang asing. Dengan memberikan pertolongan dan menyumbang pada kegiatan sosial, tingkat kebahagiaan seseorang dapat meningkat, dan hal tersebut meningkatkan kepuasan hidup orang tersebut.

Sumber : Berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami