Ini Dia Sikap Masyarakat Terhadap Ketidaktegasan SBY

Nasional / 4 September 2010

Kalangan Sendiri

Ini Dia Sikap Masyarakat Terhadap Ketidaktegasan SBY

Budhi Marpaung Official Writer
3435

Sikap tak tegas yang ditunjukkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terhadap berbagai persoalan publik selama ini mendapat reaksi keras dari sejumlah kelompok masyarakat.

Aktivis Koalisi Masyarakat Sipil Anti Korupsi (Kompak) Fadjroel Rachman, Jumat (3/9), mengatakan sudah saatnya berteriak keras terhadap SBY oleh karena sikapnya yang “lebay dan cemen” dalam menangani persoalan pubik.

Pria Lulusan strata-1 Jurusan Kimia ITB tersebut menilai SBY berpura-pura tidak tahu soal pembangunan gedung baru DPR. Pada kasus Malaysia, pemerintah seolah-olah takut dengan negeri Jiran tersebut. Terakhir, kasus Buol yang telah menewaskan lebih dari 5 orang warga sipil.

Oleh karenanya, tambah Fadjroel, Kompak beserta beberapa elemen telah bersepakat menggulirkan sebuah gerakan baru. "Dinamakan gerakan oposisi sipil yang puncaknya tanggal 10 bulan 10 tahun 2010," ujarnya.

Adapun agenda dari gerakan ini adalah mengusung protes keras terhadap kepemimpinan SBY. Pada saat aksi nanti, mereka akan mengajukan dua tuntutan yakni, SBY berpihak kepada rakyat atau turun jabatan.

Sebelumnya, aktivis Petisi 28 juga menyuarakan hal yang sama seperti Kompak, yakni meminta SBY menanggalkan jabatannya. Dalam penilaian mereka, Presiden RI sekarang tidak tegas dalam menyikapi kedaulatan bangsa. SBY juga dianggap gagal dalam mengentaskan kemiskinan dan menuntaskan sederet persoalan yang terjadi selama ini.

Sumber : okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami