Stephen Hawking : Tidak Perlu Tuhan untuk Ciptakan Alam

Nasional / 4 September 2010

Kalangan Sendiri

Stephen Hawking : Tidak Perlu Tuhan untuk Ciptakan Alam

Lois Official Writer
5098

Para ilmuwan telah mengumumkan bahwa tidak ada kekuatan ilahi yang dibutuhkan untuk menjelaskan mengapa alam semesta ini tercipta. Dalam bukunya yang terakhir, The Grand Design, Stephen Hawking mengatakan, “Karena ada hukum gravitasi, makanya alam semesta bisa dan akan menciptakan dirinya sendiri dari yang tidak ada. Penciptaan yang tiba-tiba itu adalah alasan bahwa ada sesuatu, bukannya tidak pernah ada, itu sebabnya mengapa alam semesta ini ada, itu alasan kenapa kita bisa ada.”

Dia juga menambahkan, “Tidak perlu memohon Tuhan untuk menciptakan dan mengatur alam semesta bekerja.” Dalam bukunya yang diterbitkan tahun 1988 dia mengatakan, “Jika kita telah menemukan teori yang lengkap, akan tercipta keberhasilan yang terakhir alasan manusia – untuk itu kita akan tahu pikiran Tuhan.”

Dalam bukunya yang baru dia menolak teori Sir Isaac Newton yang mengatakan bahwa alam semesta tidak secara tiba-tiba ada tapi diciptakan oleh Tuhan. Pada Juni tahun ini, Prof. Hawking mengatakan dalam tayangan Channel 4 bahwa dia tidak percaya ‘seorang’ Tuhan itu ada. Dia mengatakan Genius of Britain, “Pertanyaannya adalah cara alam semesta diciptakan dengan alasan yang tidak kita ketahui, atau lebih tepat ditentukan oleh hukum alam? Saya percaya yang kedua. Jika Anda suka, Anda dapat menyebutkan hukum alam itu sebagai ‘Tuhan’, tapi bukanlah Tuhan yang dapat Anda temui dan menanyakan pertanyaan Anda.”

Sampai masa pensiunnya tahun lalu, Prof Hawking adalah Profesor Matematika Lucasian di Universitas Cambridge, sebuah mata kuliah yang dulu dipegang Newton. Bukunya, dibantu oleh psikiater Amerika Leonard Mlodinow, akan diterbitkan dan dipublikasikan pada tanggal 9 September nanti.

Kita sebagai orang yang mempercayai adanya Tuhan, tentunya tidak akan setuju dengan pendapat professor ini. Jika memang alam ini bisa menciptakan dirinya sendiri, mengapa dia tidak dapat menciptakan ulang dan memperbaiki ozon yang sudah bolong, sehingga kita tidak perlu menderita global warming? Jika semakin pintar, hendaklah kita semakin pintar di dalam Tuhan maka Tuhan akan memberkati kepintaran Anda tersebut.

Sumber : telegraph/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami