Hal yang Harus Ditemukan Pada Calon PH Anda

Single / 28 August 2010

Kalangan Sendiri

Hal yang Harus Ditemukan Pada Calon PH Anda

Budhi Marpaung Official Writer
8053

Di antara hal yang perlu dipertimbangkan, mulailah dengan hal mendasar.

Di Amerika Serikat, orang menikah dengan orang yang mereka cintai dan memiliki kompatibilitas. Cinta yang romantis, seperti yang kita tahu, memiliki tiga dimensi - komitmen, keintiman, dan gairah (Sternberg, 1986). Komitmen melibatkan keinginan dari diri untuk diberikan kepada yang lain dan setia terhadap hubungan itu. Orang kristen harus mencari lebih dari sekedar komitmen karena pernikahan kudus didasarkan pada perjanjian. Perjanjian adalah janji yang tidak bisa diabaikan yang diucapkan seseorang kepada orang lain. Oleh karenanya carilah calon pasangan yang percaya dalam perjanjian.

Keintiman mengacu pada kemampuan untuk terhubung secara emosional dan dalam persahabatan dengan yang lain. Apakah pasangan Anda menunjukkan bukti dari kapasitas ini? Keintiman seharusnya semakin bertumbuh dalam sebuah hubungan. Keintiman itu tidak hanya secara emosional dan rohani saja, tetapi juga psikologis dan perilaku. Jika Anda melihat tanda-tanda masalah dari calon pasangan Anda dalam hal keintiman, carilah bantuan atau putuskan relasi tersebut segera mungkin.

Gairah berkaitan dengan ketertarikan dan respon seksual. Anda harus merasa tertarik kepada orang yang akan Anda nikahi. Ketertarikan tumbuh ketika Anda menghargai orang lain lebih dari sekedar penampilan mereka.

Sebelum Anda dan pasangan Anda akan memutuskan untuk menjalin hubungan serius, tiga dimensi ini harus hadir. Perhatikan daerah-daerah tersebut. Jika diantara ini ada yang hilang atau bermasalah, pikirkan kembali hubungan tersebut atau mulailah konseling pasangan.

Latar belakang yang sama (dalam hal kelas, pendidikan, pekerjaan, usia, ras, politik, agama, dll) dengan pasangan membuat segala sesuatunya menarik, namun bukan berarti kehidupan Anda berdua akan berjalan penuh gelora, justru banyaknya kesamaan terkadang membuat hubungan Anda menjadi membosankan! Itu berarti bahwa semakin serupa Anda maka akan sedikit konflik dan stres yang akan Anda hadapi. Dan ini kurang baik sebenarnya bagi sebuah hubungan.

Kadang-kadang, Anda harus mencari perbedaan antara Anda dengan pasangan Anda. Ini bukanlah untuk membuat Anda agar dapat “berperang” dengannya, tetapi justru menguji kekuatan hubungan diantara Anda berdua.

Secara keseluruhan, kita cenderung untuk mencari seseorang yang serupa dengan kita dalam nilai-nilai dan yang memiliki kualitas yang kita inginkan - yang menarik, memiliki minat yang sama, humoris, berempati, beradaptasi, fleksibel, dapat berkomunikasi, dapat menunda kepuasan, memiliki citra diri yang baik, dll.

Meskipun Anda mungkin berpikir ‘ah susahnya menemukan orang yang memiliki tiga dimensi diatas itu (komitmen, keintiman, dan gairah)’, tetapi penting bagi Anda untuk mencari hal-hal tersebut sebelum menikah. Jika Anda melakukannya, Anda akan memulai pernikahan dengan catatan yang lebih bahagia.

Sumber : cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami