Masih Ada Buka Bersama Antar Umat di Gereja Sleman

Masih Ada Buka Bersama Antar Umat di Gereja Sleman

Puji Astuti Official Writer
2568

Jika akhir-akhir ini terjadi beberapa bentrokan antar umat beragama, bukan berarti kerukunan antar umat beragama sudah punah di bumi Indonesia ini. Buktinya di Sleman, Yogjakarta, warga yang tergabung dalam Forum Persaudaraan Umat Beriman (FPUB) masih bisa berbuka puasa bersama di Paroko Somohitan, Girikerto, Turi.

Buka puasa bersama ini dihadiri oleh perwakilan berbagai umat beragama dan juga aliran kepercayaan di Gereja Katolik Somohitan. Diharapkan dengan diadakannya acara buka puasa bersama ini dapat menumbuhkan rasa persaudaraan sekalipun dalam perbedaan.

"Di tempat lain, perbedaan bisa memicu cekcok. Kami mencoba menyalakan lilin persaudaraan. Meskipun nyalanya kecil, tapi bisa menerangi di tengah kegelapan," demikian ungkap Romo Paroki Somohitan, Suyatno.

Acara buka bersama lintas agama di paroki ini menurut warga sekitar sudah sering dilakukan bahkan diumumkan melalui corong pengeras suara masjid. Lurah Girikerto, Suharto yang bersyukur atas terbangunnya persaudaraan sekalipun berbeda kepercayaan mengharapkan agar hal ini dapat terus terjalin. Selain itu FPUB dinilai sangat berkontribusi dalam membangun wilayah Somohitan, seperti pembagian bibit tanaman dan penghijauan serta berbagai kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Acara buka puasa pun sangat universal, antara lain dibuka dengan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pesan-pesan tentang makna puasa dari perwakilan berbagai agama dan aliran kepercayaan.

Menjaga tradisi toleransi antar umat beragama sangat penting bagi masyarakat Indonesia mengingat bahwa Indonesia terdiri dari berbagai umat beragama dan juga suku bangsa yang menjemuk.

Sumber : Kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami