Menolak Lepas Jilbab, Seorang Wanita Menuntut Disneyland

Nasional / 23 August 2010

Kalangan Sendiri

Menolak Lepas Jilbab, Seorang Wanita Menuntut Disneyland

Lois Official Writer
3680

Imane Boudal (26) meminta kepada atasannya yang berada di Hotel Grand Californian Disneyland beberapa bulan yang lalu agar mereka mengijinkannya menggunakan jilbab selama bekerja di sana, menurut juru bicara dari kesatuan pekerja. Namun, tidak ada tanggapan dari pihak Disneyland.

Akhirnya, dia pun memutuskan untuk menggunakan jilbab, bersamaan dengan datangnya bulan Ramadhan, kata Leigh Shelton, juru bicara untuk Unite Here Local 11. “Disney mengatakan pada Boudal jika dia ingin bekerja maka dia harus menanggalkan jilbabnya karena tidak sesuai dengan ‘penampilan Disney’.”

“Disney kemudian juga menyarankan agar Boudal, jika dia menolak untuk melepas jilbabnya, dia bisa kembali bekerja di belakang layar dimana orang-orang tidak bisa melihat dia atau dia bisa ‘pulang ke rumah’.” Boudal pun menolak kedua pilihan ini dan sekarang membawa Disney ke US Equal Opportunity Commission, sebuah agen federal yang menangani masalah diskriminasi dalam pekerjaan.

“Tawaran mereka untuk menaruh saya di belakang layar sangat mempermalukan,” katanya dalam sebuah pernyataan. Dewan PErhubungan Amerika-Islam, sebuah grup penasihat, mengatakan bahwa mereka mengirimkan surat kepada Disney agar mengakomodasi Boudal.

“Tidak ada keadilan dalam penolakan Disney untuk memperbolehkan Boudal menggunakan jilbabnya,” kata Ameena Mirza Qazi, direktur eksekutif dan pengacara di grup tersebut. “Dengan mengatakan jilbabnya dapat mempengaruhi tamu tidak hanya mempermalukan dia, tapi juga menolak umat Muslim yang datang ke sana setiap tahun.”

Pembelaan yang dikeluarkan oleh Disney adalah bahwa Boudal tidak pernah menyangkal kesempatan untuk bekerja di sana. “Dia berhak bekerja,” kata juru bicara Disneyland, Suzi Brown. “Kami telah memberinya kesempatan untuk bekerja di belakang layar seperti yang selama ini sudah dia kerjakan.”

Sumber : telegraph/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami