Demi Beasiswa 1,15 M, Palsukan Nilai Mahasiswa

Nasional / 20 August 2010

Kalangan Sendiri

Demi Beasiswa 1,15 M, Palsukan Nilai Mahasiswa

Puji Astuti Official Writer
2350

Apa yang terjadi di Aceh ini merupakan potret yang menyedihkan dunia pendidikan negeri ini. Polisi Nagan Raya, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam menyita 20 eksemplar berkas permohonan beasiswa yang disinyalir dengan melakukan pemalsuan nilai Kartu Hasil Studi (KHS) mahasiswa.

Berdasarkan pernyataan Kapolres Nagan Raya, Ari Soebijanto yang dirilis oleh Serambi Indonesia, ke 20 berkas tersebut dipalsukan dengan cara di-scan guna mengubah nilai asli dengan nilai palsu. Selain itu, tanda tangan pihak kampus juga ikut dipalsukan. Hal ini dilakukan karena para pemohon mengincar dana beasiswa sebesar 1,15 miliar rupiah yang disediakan pemkab setempat.

Terungkapnya pemalsuan nilai ini terjadi karena Bagian Kesejahteraan Sosial Nagan Raya melakukan verifikasi dengan menilai satu persatu berkas pengajuan dari sekitar 2000 mahasiswa yang memohon beasiswa.

Apa yang terjadi mencerminkan budi pekerti serta iman para mahasiswa yang memprihatinkan sehingga menghalalkan segala cara untuk memperoleh beasiswa. Mereka saja yang masih duduk di bangku pendidikan sudah bertindak curang seperti ini, bagaimana jika nanti duduk sebagai pejabat dan meneruskan kepemimpinan Indonesia. Saatnya bebenah diri, demi masa depan bangsa ini.

Sumber : Kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami