Uskup New York Siap Mediasi Pembangunan Masjid Ground Zero

Nasional / 19 August 2010

Kalangan Sendiri

Uskup New York Siap Mediasi Pembangunan Masjid Ground Zero

Puji Astuti Official Writer
2569

Uskup Agung Timothy M. Dolan, pemimpin Katolik Roma di New York menyatakan dia dengan senang hati akan membantu mediasi para pendukung dan pengkritik pembangunan mesjid yang rencanya akan berada di dua blok dari lokasi Ground Zero, tempat peringatan para korban 11 September 2001.

Uskup Dolan menyatakan pokok doa utamanya adalah tercapainya kompromi atas proyek tersebut, dia memberikan ide untuk kemungkinan lokasi baru bagi masjid tersebut. Dolan memberi contoh bagaimana Paus Yohanes Paulus II memerintahkan para biarawati Katolik untuk pindah dari bekas kamp kematian di Auschwitz yang dijadikan sebagai biara setelah diprotes oleh para pemimpin Yahudi pada tahun 1993.

“Dialah yang mengatakan, ‘Mari kita simpan ide itu, dan mungkin dengan pindah alamat,’ demikian tutur Uskup Agung Dolan pada Rabu (18/8). “Jika ini berhasil disana, mungkin bisa berhasil disini.”

Namun hingga kini pernyataan Uskup Dolan tersebut tidak direspon oleh pihak pembangun masjid. Sebenarnya ide untuk mencari lokasi lain ini sudah dilontarkan oleh Gov. David A. Paterson seminggu lalu, namun para pengembang menyatakan tidak berminat membangunnya ditempat lain.

Uskup Agung Dolan adalah tokoh agama yang paling menonjol dalam menerima pertimbangan untuk pembangunan pusat kegiatan agama Islam tersebut, yang telah menimbulkan perdebatan nasional tentang kebebasan beragama dan tempat peringatan serangan teroris 9/11. Bahkan Presiden Barack Obama yang sempat menyampaikan dukungannya untuk pembangunan masjid tersebut pun terpaksa harus menarik kembali pernyataannya karena menuai kritik.

Sumber : New York Times
Halaman :
1

Ikuti Kami