Pelecehan Anggota Paskibraka DKI Jakarta Harus Diusut Tuntas

Nasional / 19 August 2010

Kalangan Sendiri

Pelecehan Anggota Paskibraka DKI Jakarta Harus Diusut Tuntas

Lestari99 Official Writer
5590

Di tengah kebanggaan orangtua atas prestasi putra-putrinya berhasil menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dan bertugas dalam upacara kenegaraan di Istana Merdeka 17 Agustus lalu, sebuah kisah sedih datang dari anggota Paskibraka DKI Jakarta. 14 anggota Paskibraka putri mengalami pelecehan seksual disuruh berjalan dari barak sampai ke kamar mandi dengan telanjang bulat.

Sebelum melakukan upacara pengibaran bendera pada 17 Agustus 2010, para anggota Paskibra Pemprov DKI yang terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan mengikuti bimbingan mental dan fisik yang berlangsung di Kompleks Pendidikan Pramuka Nasional di Cibubur. Dan insiden ini terjadi di barak perempuan, Kompleks Pendidikan Pramuka nasional Cibubur pada 2-6 Juli lalu.

“Pelaku senior diduga telah melakukan tindakan yang tidak arif, dan hal seperti ini harus ditiadakan,” ujar Firmansyah selaku Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Olahraga dan Pemuda DKI Jakarta.

Namun Firmansyah percaya bahwa tindakan tersebut merupakan aksi spontanitas dan bertujuan untuk meningkatkan mental paskibraka. Tidak ada motivasi untuk melecehkan. Firmansyah juga memastikan tidak ada upaya pornografi yang terjadi selama calon paskibraka tersebut mendapatkan pembinaan.

Kasus merebak setelah salah satu orangtua paskibra putri melapor karena merasa dirugikan. Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia, mengatakan laporan tersebut disampaikan langsung ke Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta pada tanggal 16 Agustus 2010, sehari sebelum hari H saat perkenalan dengan orangtua di gedung perpustakaan di samping Lemhanas Cibubur.

Cucu menambahkan saat ini kasus tersebut ditangani oleh Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta. Kalau memang nanti terbukti ada tindakan pelecehan, akan diserahkan ke pihak kepolisian.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengecam keras tindakan pelecehan seksual yang dialami siswi yang tergabung dalam Pasukan Pengibar bendera (Paskibra) Pemprov DKI Jakarta 2010 dan meminta agar kasus ini diusut sampai tuntas.

Sumber : tempointeraktif
Halaman :
1

Ikuti Kami