Papua Kibarkan Bendera Raksasa Penuh Makna di Hari Kemerdekaan

Nasional / 17 August 2010

Kalangan Sendiri

Papua Kibarkan Bendera Raksasa Penuh Makna di Hari Kemerdekaan

Lois Official Writer
3470

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-65 Republik Indonesia di Papua pada 17 Agustus 2010 hari ini diisi dengan pembentangan bendera merah putih raksasa. “Bisa dibayangkan besarnya bendera melebihi gedung bertingkat,” ucap Wakil Walikota Jayapura Sudjarwo dalam sebuah rapat peringatan 17 Agustus yang dihadiri oleh Ketua Barisan Merah Putih Jayapura Nico Mauri, Ketua LSM Satria Kbarek, dan Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Letnan Kolonel (Inf) Susilo hari Senin (16/8) kemarin di Jayapura.

Bendera berukuran 165 x 47 meter itu akan dibentangkan di Wutung, dekat perbatasan Indonesia – Papua Nugini. Bendera tersebut akan dibentangkan miring pada sejumlah 33 pohon pinang dan diklaim sebagai bendera merah putih terbesar yang pernah dikibarkan.

Nico Mauri menjelaskan bahwa bendera yang berukuran 165 meter panjangnya itu berarti 100 tahun hari jadi Kota Jayapura ditambah 65 tahun hari jadi Republik Indonesia. Sedangkan lebar 47 meter melambangkan usia Papua bergabung dengan Indonesia. Jumlah 33 pohon pinang melambangkan jumlah provinsi di Indonesia.

Bendera yang memiliki arti mendalam bagi masyarakat Papua itu, menelan biaya Rp 48 juta dan dibuat di Bandung. Kebanggaan Papua terhadap bangsa Indonesia tentunya mengalir dalam diri setiap pribadi warga negara Indonesia. Tentunya harapan kita di Hari Jadi Negara Kesatuan Republik Indonesia ini adalah Indonesia semakin maju dan harum namanya di seluruh bumi, dimulai dari jiwa setiap penduduk di Indonesia yang dijamah Tuhan. Merdeka!

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami