3 Veteran Cacat AS Berhasil Daki Kilimanjaro

Nasional / 17 August 2010

Kalangan Sendiri

3 Veteran Cacat AS Berhasil Daki Kilimanjaro

Lestari99 Official Writer
3752

Inilah yang dinamakan semangat pantang menyerah. Cacat fisik bukan halangan untuk meraih mimpi. Semangat itulah yang ditunjukkan oleh tiga orang veteran tentara AS. Meskipun kaki mereka telah diamputasi, namun mereka berhasil mendaki Gunung Kilimanjaro meskipun harus memakan waktu yang cukup lama.

Para veteran AS dari perang Vietnam, Afghanistan dan Irak ini berhasil mendaki puncak tertinggi di Tanzania yaitu 5.891 meter dalam waktu enam hari. Berulangkali jatuh dan harus menahan sakit tidak meredupkan semangat mereka. Mereka ingin menunjukkan bahwa orang cacat itu tidak pantas untuk malas.

Mereka adalah Dan Nevins (37) yang kehilangan kakinya di Irak, Neil Duncan (26) yang kehilangan kedua kakinya akibat serangan bom di jalanan Afghanistan pada tahun 2005 lalu, dan Kirk Bauer (62) yang diamputasi akibat perang Vietnam di tahun 1969. Meskipun setelah mencapai puncak, Dan Nevins harus dievakuasi dengan usungan beroda karena menderita sakit pada salah satu puntung kakinya.

Bagi orang normal, pendakian menuju puncak Kilimanjaro hanya membutuhkan waktu tiga atau empat hari, tetapi mereka harus sering berhenti untuk menyetel ulang kaki buatan mereka. Dengan kondisi keterbatasan fisik mereka, bisa dibilang secara harfiah tiga veteran dari dua generasi ini hanya memiliki satu kaki untuk mendaki Gunung Kilimanjaro.

“Jika ada tiga orang yang diamputasi dalam tiga perang yang berbeda dan dari dua generasi, maka secara harfiah bisa dibilang kami hanya memiliki satu kaki untuk mendaki Gunung Kilimanjaro,” ujar Bauer kepada kantor Berita Associated Press.

“Teman kami yang lain juga mengalami kecacatan. Dan mereka juga bisa beraktivitas mendaki gunung, bersepeda atau berenang dan memiliki hidup yang sehat,” tambahnya.

Bauer sendiri merupakan Direktur Eksekutif Disabled Sports USA, sebuah organisasi di Washington yang mempromosikan kemampuan fisik dan partisipasi olahraga untuk orang cacat.

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami