Indonesia Hanya Protes, 3 Petugas KPP Ditangkap Malaysia

Nasional / 16 August 2010

Kalangan Sendiri

Indonesia Hanya Protes, 3 Petugas KPP Ditangkap Malaysia

Puji Astuti Official Writer
2631

Hubungan antara Indonesia dan Malaysia kembali memanas, kali ini dipicu oleh ditangkapnya tiga orang petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan  (KPP) oleh patroli laut Malaysia. Padahal saat itu pihak KPP sedang berpatroli dan menangkap nelayan Malaysia yang masuk ke perairan Indonesia.

Ketiga orang petugas KPP yang ditahan Malaysia tersebut adalah Asriadi, Erwan dan Selvogrevo Wewengkang, mereka adalah tiga orang dari enam orang petugas patroli yang menggunakan speed boat Dolphin 015. Mereka melakukan penangkapan terhadap nelayan Malaysia setelah menerima informasi adanya pencurian ikan di perairan Bintan pada Jumat (13/8) malam.

Ketika di lokasi, ternyata ada lima kapal nelayan dengan bendera Malaysia yang diawaki oleh tujuh orang. Kerena melanggar batas negara, maka kapal dan ketujuh awak langsung digiring menuju Batam. Namun ditengah perjalanan kapal Patroli Diraja Malaysia mengejar dan memberikan tembakan peringatan beberapa kali. Petugas KPP tidak melakukan konfrontasi senjata karena tidak dipersenjatai.

Pihak patroli KPP tidak bersedia melepaskan nelayan Malaysia seperti permintaan polisi Malaysia dan setelah bersitegang akhirnya polisi Malaysia menahan tiga petugas KPP sedangkan nelayan Malaysia tetap ditahan oleh petugas KPP dan dibawa ke Batam.

Saat ini pihak Kementerian Luar Negeri sedang mengusahakan agar ketiga petugas KPP tersebut di bebaskan dan akan menyampaikan nota protes atas aksi polisi Malaysia,  sedangkan para nelayan Malaysia rencananya akan tetap diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

Sumber : Kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami