Nyamuk Ternyata Suka Bau Keringat Manusia Loh..

Serba-Serbi Sehat / 14 August 2010

Kalangan Sendiri

Nyamuk Ternyata Suka Bau Keringat Manusia Loh..

Puji Astuti Official Writer
5792

Nyamuk, serangga satu ini sering menjadi masalah bagi kita yang hidup di iklim tropis. Mulai dari demam berdarah hingga malaria, penyakit yang disebabkan oleh nyamuk seringkali memakan korban jiwa yang tidak sedikit. Namun sebenarnya cara menghindari nyamuk ini sederhana seperti menerapkan prinsip 3 M, menutup, menguras dan mengubur sehingga tidak memberi tempat bagi nyamuk untuk berkembang biak.

Tetapi ada beberapa cara pencegahan lain yang bisa Anda lakukan, cara-cara berikut ini disarankan dalam sebuah artikel yang dirilis oleh laman Telegraph.

Sesuaikan warna pakaian. Pakaian dengan warna kuat seperti gelap maupun warna terang menarik perhatian nyamuk. Warna putih dan warna-warna lembut tidak disukai oleh nyamuk.

Gunakan pengusir serangga. Saat ini banyak dipasaran obat anti nyamuk yang dapat digunakan dengan disemprotkan maupun di oles. Namun jika Anda ingin dengan cara alami, Anda dapat menggunakan minyak lemon eucalyptus, minyak serei, minyak kayu manis, rosemary atau papermint.

Pasang kelambu. Kelambu adalah salah satu penangkal nyamuk yang cukup efektif, karena jarring-jaringnya tidak bisa ditembus oleh nyamuk dan ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan kimia.

Makan bawang putih. Meskipun kebenarannya belum terbukti banyak orang mempercayai dengan memakan bawang putih dapat membuat nyamuk menjauh. Tapi tidak ada salahnya saran ini dicoba, karena bagaimanapun bawang putih baik untuk kesehatan. Selain itu, hindari makan banyak garam karena dapat merangsang pembentukan asam laktat yang menarik perhatian nyamuk.

Mandi dengan teratur. Ternyata nyamuk suka bau keringat manusia, untuk itu dengan mandi secara teratur dan menggunakan deodorant Anda dapat membuat nyamuk menjauh dan orang-orang yang Anda kasihi mendekat.
Nah, beberapa tips diatas patut dicoba, jika Anda tidak ingin selalu diganggu oleh nyamuk-nyamuk yang berkembang cukup pesat di musim hujan ini.

 

 

Sumber : Detik
Halaman :
1

Ikuti Kami