Transplantasi Tenggorokan Bocah Pertama di Dunia

Transplantasi Tenggorokan Bocah Pertama di Dunia

Lois Official Writer
2213

Seorang bocah laki-laki yang baru berumur 11 tahun, menjadi bocah yang pertama di dunia yang mempunyai tenggorokan terbuat dari anggota tubuhnya yang lain. Pada bulan Maret 2010, Ciaran Finn Lynch menjalani prosedur tersebut dan sekarang dia bisa meninggalkan rumah sakit tempat dia dirawat selama ini.

Para dokter dari Rumah Sakit Great Ormond Street di London mengambil dari  punggung Ciaran dan dimasukkan ke dalam tenggorokan, yang telah dilepaskan sebelumnya dan meninggalkan tube kolagen di dalam sana. Sewaktu organ baru tersebut ditaruh di tenggorokan, maka dengan sendirinya organ tersebut tumbuh menjadi tenggorokan baru.

Dengan mengambil organ tubuh bocah itu sendiri dapat mengurangi resiko transplantasi tersebut akan ditolak oleh imun tubuh si anak. Ibu Ciaran, Colleen, mengatakan bahwa keluarga mereka berharap bahwa Ciaran akan menjalani kehidupan yang normal. “Ciaran tetap semangat. Dua minggu yang lalu dia mengikuti pelajaran musik meskipun dia menjalani perawatan intensif. Dia memainkan drum dan sangat menyukainya.” kata Colleen.

Ciaran lahir dengan kondisi tenggorokan hanya berongga 1mm sehingga hampir mustahil baginya untuk bernafas. Sebelumnya, dia tenggorokannya dimasukkan sebuah tube dari metal untuk jalannya udara, tapi November lalu dia nyaris meninggal setelah tube itu menusuk arterinya dan menyebabkan pendarahan yang parah.

Satu-satunya cara yaitu dengan transplantasi, donor yang tepat untuk rongganya ditemukan di Italia dan dibawa ke London. Profesor Martin Elliott, yang memimpin tim bedah transplantasi tersebut mengatakan bahwa dia senang bahwa Ciaran sekarang cukup kuat untuk bisa pulang. “Penyembuhannya sangat rumit, apalagi ini merupakan terobosan baru,” katanya.

Sumber : orange/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami