Solusi untuk Anak yang Tak Suka Buah, Sayur, dan Susu

Gizi & Nutrisi / 8 August 2010

Kalangan Sendiri

Solusi untuk Anak yang Tak Suka Buah, Sayur, dan Susu

Lois Official Writer
5238

Dietary Guidelines Advisory Committee, yaitu sekelompok ilmuwan independen menyarankan pemerintah pada konsumsi ideal rakyat Amerika, mengidentifikasi bahwa baik anak-anak maupun orang dewasa perlu mendapatkan lebih banyak kalsium, vitamin D, kalium, dan serat. Semua yang diperlukan itu, rata-rata terdapat dalam susu, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, sederet makanan yang biasanya dijauhi anak-anak.

Apa yang Anda lakukan sebagai orangtua agar anak-anak Anda mau makan makanan yang bergizi tersebut? Berikut ini adalah solusi yang dapat Anda pakai, seperti dikutip Eating Well.

Anak tidak suka buah

Olah buah-buahan dalam milkshake. Sebagian besar buah-buahan memberikan jumlah kalium dan vitamin C yang cukup. Kebanyakan anak-anak merasa tertarik untuk menyedot minuman dengan sedotan. Karena itu, dengan menyajikan buah dalam milkshake, malah dapat membuat anak Anda ketagihan untuk meminumnya. Buatlah sendiri di rumah, karena di luar rumah biasanya diberi tambahan gula yang banyak dan sedikit buah.

Tidak suka sayuran

Siram dengan saus keju. Meskipun keju mengandung lebih banyak kalori dan lemak jenuh daripada produk susu rendah lemak, tapi keju juga memberikan sedikit kalsium. Dengan menambahkan keju tidak menghilangkan kalori dan lemak sayuran tapi dapat menambahkan citarasa yang enak untuk anak-anak.

Anak tidak suka minum susu

Tambahkan coklat. Susu coklat lebih disukai anak-anak ketimbang susu vanilla. Kalau Anda memaksakan susu full cream hingga akhirnya ia minum susu, anak akan kehilangan nutrisi penting yang telah disediakan oleh susu. Cokelat susu memang mengandung gula tambahan, tapi minuman susu memberikan kalsium pada anak Anda.

Cobakan pada anak Anda. Anda mungkin dapat menciptakan ide kreatif lainnya sesuai dengan kesenangan anak Anda. Misalnya, dia tidak menyukai sayuran tapi sangat suka buah. Anda dapat mengkombinasikan sayuran dan buah tersebut dan dijus. Dengan catatan, buah yang digunakan lebih banyak daripada sayuran agar tidak terlalu terasa sehingga bisa-bisa jus itu ditolak oleh anak Anda.

Sumber : okezone/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami