Sriwijaya FC Kembali Menjadi Juara Piala Indonesia

Nasional / 2 August 2010

Kalangan Sendiri

Sriwijaya FC Kembali Menjadi Juara Piala Indonesia

Budhi Marpaung Official Writer
2900

Piala Indonesia 2010 telah selesai bergulir dan kembali tim sepakbola asal Palembang, Sriwijaya FC menjadi juara dalam ajang ini. Hasil ini juga menjadi kado perpisahan manis dari pelatih Rahmad Darmawan yang pada musim mendatang tidak lagi menukangi Laskar Wong Kito.

Laga final Piala Indonesia 2010 dilangsungkan di Stadion Manahan, Solo, Minggu (1/8) malam kemarin dimana Sriwijaya FC berhadapan dengan tim dari Jawa timur Arema Malang.

Pada awal babak pertama, tim asuhan RD langsung memberikan tekanan kepada tim Arema yang didominasi oleh pemain-pemain berusia muda. Unggul pengalaman, Zah Rahan dkk berhasil mengepung pertahanan yang dipimpin oleh Irfan Raditya. Namun, bukan berarti Arema tidak memiliki peluang. Sejumlah serangan balik berhasil membuat kocar kacir Charis Yulianto, Ambrizal, Preciouse Emuejeraye, dan Isnan Ali.

Pada pertengahan babak pertama situasi permainan di lapangan semakin keras bahkan menjurus kasar. Sampai pada akhirnya wasit Jimmy mengeluarkan kartu merah kepada Noh Alamsyah yang sangat jelas mengangkat kaki terlalu tinggi hingga hampir mengenai kepala Preciouse.

Keputusan ini membuat tim Arema berang, sejumlah pemain Arema mendatangi wasit Jimmy, tetapi keputusan tersebut sudah tidak dapat diubah kembali. Hingga akhir babak pertama tidak ada satu pun gol yang tercipta.

Babak kedua yang rencananya dilaksanakan sekitar pukul 21:00 wib, harus diundur hingga pukul 22:10 wib karena pendukung Arema meminta wasit yang bertugas pada malam itu diganti. Bahkan, lucunya, Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Alex Bambang Riatmodjo pun mendukung keinginan pendukung Arema tersebut.

Namun, setelah diadakan pertemuan antara BLI, wasit Jimmy Napitupulu, pengawas pertandingan dan Kapolda Jateng maka pertandingan babak kedua pun digulirkan.

Pada babak kedua ini tercipta 3 gol masing-masing dilesakkan oleh Keith Kayamba (menit ke-47) dan Pavel Solomin (menit ke-79) dari Sriwijaya FC, serta M Ridhuan (menit ke-71) dari Arema FC. Skor 2-1 untuk kemenangan Sriwijaya FC tidak berubah sampai wasit Jimmy Napitupulu meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Dari lima kali diselenggarakan, Sriwijaya FC berhasil menjadi yang terbaik yakni pada musim 2007, 2008/2009, 2009/2010. Dua musim sebelumnya, Arema Malang secara berturut-turut menjadi juara pada kompetisi sepakbola level kedua di Tanah Air ini.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami