Marzuki Alie: Ormas Anarkis Rusak Negeri Ini

Nasional / 2 August 2010

Kalangan Sendiri

Marzuki Alie: Ormas Anarkis Rusak Negeri Ini

Puji Astuti Official Writer
2347

Bentrokan antar organisasi massa pada Sabtu (31/7) di wilayah Rempoa, Tangerang Selatan yang meluas ke daerah Cileuduk, Jakarta Selatan menimbulkan keprihatinan di kalangan masyarakat, serta mempertanyakan fungsi berbagai ormas yang ada, karena seringkali ulah ormas-ormas tersebut menimbulkan keresahan diantara masyarakat. Hal ini pun menjadi perhatian pimpinan DPR RI, Marzuki Alie.

"Kebebasan berserikat dan berkumpul memang dijamin UUD. Namun, tetap saja ada aturannya, tidak bisa seenaknya melakukan aksi anarki. Kalau demonstrasi saja ada aturannya, ormas pun demikian. Jadi, tidak ada ormas yang kebal hukum jika melakukan aksi anarki," demikian ungkap Alie.

Alie juga meminta kepolisian untuk menindak tegas ormas-ormas yang anarkis dan tidak membiarkan mereka berkembang. Jika tidak demikian, maka ormas-ormas tersebut semakin liar dan lembaga penegakkan hukum yang formal akhirnya tidak berfungsi. “Bisa rusak negeri ini jika dibiarkan,” demikian ungkap Alie. 

Pagi ini diberitakan bahwa polisi telah menangkap 32 orang yang terlibat dalam bentrokan antar ormas tersebut dan belum ada keterangan jelas mengenai berapa banyak korban jiwa maupun korban terluka.

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami