Berjalan Kaki Banyak Manfaatnya Loh Bagi Kesehatan

Info Sehat / 31 July 2010

Kalangan Sendiri

Berjalan Kaki Banyak Manfaatnya Loh Bagi Kesehatan

Budhi Marpaung Official Writer
4360

Berjalan kaki adalah olahraga terpopuler di dunia karena siapa pun bisa melakukannya. Namun begitu, tidak semua orang yang menyadari hal ini. Orang-orang sekarang lebih senang membentuk tubuh agar terlihat langsing bagi perempuan dan berotot bagi pria daripada melangkahkan kaki di jalan selama beberapa waktu.

Berikut keuntungan-keuntungan yang bisa Anda dapatkan pada saat berjalan kaki:

1. Cegah Serangan Jantung. Berjalan kaki dapat menekan risiko serangan jantung. Agar bugar dan berfungsi normal memompakan darah tanpa henti, otot jantung membutuhkan aliran darah lebih deras (dari pembuluh koroner yang memberinya makan). Dengan berjalan kaki, hal itu dapat terpenuhi.

2. Mencegah Stroke. Keuntungan selanjutnya dari melakukan aktivitas jalan adalah tercegah dari penyakit stroke. Sebuah studi di Amerika Serikat menunjukkan perawat yang dalam bekerja tercatat melakukan kegiatan berjalan kaki sebanyak 20 jam dalam seminggu, risiko mereka terserang stroke menurun duapertiga.

3. Berat Badan Stabil. Ternyata dengan membiasakan berjalan kaki rutin, laju metabolisme tubuh ditingkatkan. Selain sejumlah kalori terbuang oleh aktivitas berjalan kaki, kelebihan kalori yang mungkin ada akan terbakar oleh meningkatnya metabolisme tubuh, sehingga kenaikan berat badan tidak terjadi.

4. Menurunkan Berat Badan. Selain membuat berat badan dipertahankan stabil, mereka yang mulai kelebihan berat badan bisa diturunkan dengan melakukan kegiatan berjalan kaki secara rutin. Kelebihan gajih di bawah kulit akan dibakar bila rajin melakukan kegiatan berjalan kaki paling kurang satu jam.

5. Mencegah Diabetes. Sebuah penelitian yang dibuat oleh National Institute of Diabetes and Gigesive & Kidney Diseases memperlihatkan kebiasaan berjalan kaki melaju sekitar 6 km per jam dengan waktu tempuh sekitar 50 menit, ternyata dapat menunda atau mencegah berkembangnya diabetes Tipe 2, khususnya pada mereka yang bertubuh gemuk.

Masih banyak lagi sebenarnya keuntungan-keuntungan apabila Anda melakukan aktivitas berjalan kaki setiap harinya, namun 5 keuntungan diatas sepertinya dapat menjadi representasi apa saja manfaat dari berjalan kaki. Jadi, sudahkah Anda bersiap untuk melakukan olahraga berjalan kaki hari ini?

Sumber : Liputan6.com
Halaman :
1

Ikuti Kami