Tips Jitu Menghilangkan Kesepian Pada Lansia

Solusi Sehat / 24 July 2010

Kalangan Sendiri

Tips Jitu Menghilangkan Kesepian Pada Lansia

Lestari99 Official Writer
7267

Mereka yang berusia lanjut biasanya akan mengalami rasa kesepian karena mereka telah kehilangan hal-hal yang dimilikinya semasa muda seperti tubuh yang sehat dan juga penampilan fisik yang menawan.

Mengatasi rasa ini memang bukanlah hal yang mudah, karena perasaan itu datang bukan dari luar tapi dari dalam diri. Hal-hal berikut ini dapat membantu para lansia untuk menghilangkan rasa sepi yang melanda mereka:

Memiliki penerimaan diri dalam menghadapi siklus kehidupan. Hal ini memang paling sulit tapi bukan berarti tidak bisa untuk dimiliki.

Menyadari bahwa sehat, cantik dan bahagia datang dari diri sendiri.

Memelihara kemandirian. Meskipun masih membutuhkan orang lain, namun tidak bergantung. Hal ini sangat penting untuk dilakukan para lansia.

Mengenali diri sendiri. Kenalilah diri sendiri, kenali perasaan dan apa penyebabnya, lalu selesaikan masalahnya.

Melakukan aktivitas yang berguna bagi dirinya dan orang lain dengan membuat pengaturan waktu. Dengan olahraga yang teratur, membaca, ikut pertemuan keluarga, reuni dengan teman-teman, mengikuti kegiatan keagamaan adalah beberapa contohnya.

Para lansia cenderung merasa kesepian sebagai akibat dari depresi yang disebabkan oleh rasa kehilangan, seperti kehilangan pasangan hidup, anak-anak yang sudah berkeluarga, teman-teman, jabatan atau pekerjaan, pendapatan, serta penampilan fisik yang banyak berubah karena penuaan.

Untuk memperoleh masa tua yang cantik, sehat dan bugar, persiapan perlu dilakukan setiap orang mulai dari sekarang dengan menanamkan informasi tentang perubahan-perubahan dalam kehidupan. Sehingga ketika akhirnya perubahan itu terjadi, kita bisa lebih siap dan sanggup menerima diri kita dalam menjalani siklus kehidupan.

Sumber : yahoonews
Halaman :
1

Ikuti Kami