Waspadai Kuasa Palsu di Jaman Akhir Ini

Kata Alkitab / 16 July 2010

Kalangan Sendiri

Waspadai Kuasa Palsu di Jaman Akhir Ini

Lois Official Writer
7728

Dalam sepuluh tulah yang ditimpakan Tuhan kepada orang Mesir, beberapa di antaranya dapat dibuat oleh nabi-nabi palsu. Ada banyak tulah yang terjadi, salah satu contoh yaitu gangguan nyamuk. Kita yang biasa tinggal di daerah tropis pastilah merasakan apa yang namanya dengan ‘bentol-bentol’ akibat gigitan nyamuk. Apa yang terjadi dengan penduduk Mesir itu jauh lebih buruk lagi. Mereka menghadapi serbuan nyamuk yang begitu banyaknya. Alkitab mengatakan di seluruh Mesir dipenuhi dengan nyamuk.

Kita sering melihat dan mendengar berbagai fenomena yang tidak dapat dijelaskan dengan akal. Banyak orang melakukan perkara-perkara ajaib dan menggemparkan. Lalu berbondong-bondonglah orang mengikutinya lalu mengangkatnya menjadi pemimpin spiritual mereka. Kita lihat gejala pencarian perkara-perkara ajaib ini menulari kelompok yang disebut dengan pengikut Kristus.

Jemaat sekarang ini suka mencari gereja yang menyuguhkan demonstrasi supranatural. Selama perkara supranatural itu berasal dari Allah itu baik dan kita wajib menghargainya. Tetapi ada jemaat yang terlampau gigih mencari perkara-perkara supranatural sampai akhirnya mereka menjadi sasaran empuk bagi ‘si ahli nujum’. Siapa itu ‘si ahli nujum’? Mereka adalah nabi-nabi, guru-guru, dan pendeta-pendeta palsu.

Para guru palsu tersebut dapat melakukan perkara-perkara ajaib. Dan anak Tuhan yang kurang dewasa dengan mudah terpikat. Yang penting sekrang adalah kita tetap FOKUS kepada Kristus. Ingat, BUKAN KEPADA MUKJIZAT. Kalau Anda mendapatkan Yesus, Anda pasti mendapatkan mukjizat, bukan sebaliknya. Haleluya, kita mempunyai Allah yang melakukan perkara-perkara yang besar. Dia menyediakan kuasa bagi kita, anak-anakNya.

Dalam Matius 7 : 15-20 dijelaskan tentang nabi palsu tersebut. Mereka ‘menyamar’ sebagai domba’ (ay 15). Jadi serigala itu datang kepada domba dengan pakaian / kulit domba. Mereka cuma pakaian / kulitnya saja yang Kristen, tapi dalamnya tidak. Serigala biasa sudah berbahaya, tetapi serigala yang menyamar sebagai domba jauh lebih berbahaya lagi. Dan lebih parahnya lagi, mereka adalah orang yang punya kedudukan tinggi (karena mereka seorang nabi).

Ciri-ciri nabi palsu :

-         Ay 16-20 : dari buahnya kita bisa mengenal mereka. Apa artinya buah? Kalau kita membandingkan ay 16-20 dengan Mat 3:8-10 dan Mat 12:24,33-37 (ketiga bagian ini mengandung ayat-ayat yang mirip/sama), maka kita dapat menyimpulkan bahwa yang dimaksud dengan buah adalah kehidupannya. Jadi ciri nabi palsu adalah hidup yang jahat seperti mengejar keuntungan (yer 8:10, Tit 1:11, 2 Pet 2:3) maupun baik kepada orang yang menguntungkan (Mikha 3:5). Tes ini sukar dilakukan karena kita sukar tahu tentang kehidupan nabi itu, nabi itu bisa pura-pura saleh, dan semua nabi asli juga adalah manusia yang berdosa (seperti Daud yang berzinah dan membunuh). Perbedaan nabi asli dan palsu adalah nabi asli mempunyai kesungguhan untuk taat dan berbalik arah.

-         Nubuat yang meleset (Ul 18:22) meskipun hanya satu kali, maka dia adalah nabi palsu. Karena itu perhatikanlah orang-orang yang sering mengeluarkan nubuat.

-         Ajaran yang sesat seperti hanya mengajarkan ajaran yang menyenangkan orang, (2 Taw 18:12), ajaran yang tidak menegur doas, ajaran yang ekstrim.

-         Motivasi yang salah. Misalnya mencari kemuliaan diri sendiri (Yoh 7:18). Ini juga sukar terlihat tapi kadang bisa terlihat dengan jelas. Misalnya saja pendeta melarang jemaatnya untuk berbakti di gereja lain atau memberi persembahan kepada gereja lain atau melayani di gereja lain, sekalipun gereja lain itu tidak sesat. Atau pendeta yang sengaja pamer kepandaiannya pada waktu khotbah.

Waspadalah dengan nabi-nabi palsu. Banyaklah berdoa untuk meminta Tuhan memimpin dalam pengertian Firman Tuhan. Banyak membaca / belajar Firman Tuhan, hati-hati dalam memilih gereja/pengkhotbah dan hati-hati dalam memberi persembahan, jangan sampai memberikan kepada gereja yang sesat.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami