Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Budhi Marpaung

Official Writer
2661


Memiliki uang yang banyak tidak menjamin kehidupan Anda akan terus aman. Sudah banyak orang yang memiliki kesaksian dimana mereka dahulu memiliki kekuatan finansial, namun karena salah dalam mengelola keuangan maka mereka terpuruk. Jadi, dengan kata lain orang-orang yang mampu dalam mengatur uang, mereka lah yang akan menikmati masa depan dengan tenang.

Berikut beberapa hal yang wajib Anda ketahui tentang mengelola keuangan. Dan, percayalah ini tidak sulit, hanya perlu sedikit dari usaha Anda untuk menerapkannya di dalam kehidupan Anda sehari-hari.

1. Melunasi hutang

Jangan jadikan hutang Anda sebagai penghambat dalam mengelola keuangan. Sebaliknya, pakailah kesempatan ini untuk memperbaiki diri. Sisihkanlah pendapatan Anda dan suami/istri (jika sudah berkeluarga) untuk membayar apa yang menjadi beban Anda dan keluarga tersebut. Jangan biarkan hutang Anda terus menggunung. Hutang yang tak terbayar akan sangat merusak kepercayaan orang terhadap diri Anda. Oleh karenanya, alokasikan maksimum 30 persen dari gaji sebulan untuk membayar cicilan atau hutang.

2. Menabung

Yakinkan diri Anda, bahwa berapapun nilai penghasilan, sangat bisa disisihkan untuk menabung. Tempatkan dana sekitar 10 - 20 persen dari penghasilan ke tabungan. Masalah yang sering terjadi adalah kita tidak bisa menabung karena senang mengonsumsi produk-produk yang kita senangi. Oleh karenanya, sekarang jangan lalukan hal tersebut. Batasilah apa yang akan Anda konsumsi. Mulailah tegas kepada diri sendiri, dengan membuat prioritas kebutuhan yang jauh lebih penting.

3. Dana darurat

Tidak ada seorang pun yang mengharapkan hal buruk terjadi di dalam kehidupan mereka, entah itu sakit atau keadaan di luar kemampuan jangkauan kita. Sebagai langkah antisipasi, siapkan dana cadangan sebagai dana darurat. Mulailah dengan menyisihkan dana sebesar lima persen dari penghasilan bulanan. Taruhlah dana tersebut dalam sebuah rekening pasif khusus untuk dana darurat. Pisahkan rekening pasif ini dari rekening aktif yang khusus untuk kebutuhan sehari-hari.

4. Asuransi

Jika 3 hal diatas sudah Anda lakukan, maka selanjutnya adalah membeli asuransi. Asuransi sangatlah penting hari-hari ini khususnya asuransi jiwa mengingat banyak kejadian dimana kepala keluarga meninggal dunia, keluarga yang ditinggalkan hidup terlunta-lunta karena tidak memiliki uang lagi.

Jika Anda tidak ingin keluarga Anda mengalami seperti hal tersebut maka mulailah menjadi salah satu anggota asuransi jiwa. Jika uang masih mencukupi, maka bergabunglah jyga menjadi anggota perusahaan asuransi kesehatan atau properti. 

5. Investasi

Menyisihkan uang untuk investasi adalah sesuatu yang baik karena Anda memiliki pegangan hidup selain tabungan, dana darurat, dan asuransi. Bentuk investasi banyak macamnya, risikonya bervariasi, begitupun dengan nilai investasinya di kemudian hari. Kenali dengan benar produk investasi sebelum Anda memilihnya.

Sumber : Kompas Female


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Lindha 25 February 2020 - 23:53:55

Para gembala diundang Yesus untuk mewakili

0 Answer

Elisebanadya Widyatomo 24 February 2020 - 18:38:13

Cara menemukan pacar yang seiman

1 Answer

Alfan Septian 24 February 2020 - 14:33:04

Rido menabung di bank pada 3 bulan dengan nominal .. more..

1 Answer


adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7263

Banner Mitra Februari 2020 (3)