Ditemukan Bintang 20X Lebih Besar dari Matahari

Nasional / 15 July 2010

Kalangan Sendiri

Ditemukan Bintang 20X Lebih Besar dari Matahari

Lois Official Writer
2983

Ilmuwan yang berkerjasama dengan peneliti dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengungkapkan bahwa mereka menemukan dan memotret sekumpulan bintang yang berada di galaksi lain. Salah satunya adalah bintang muda yang diyakini berukuran 20 kali lebih besar dari matahari. Usianya baru mencapai 60.000 tahun, tidak seperti matahari yang telah berusia 4,6 juta tahun.

Peneliti NASA, Stefan Kraus dan astronom dari Universitas Michigan, Ann Arbor, mengungkapkan bahwa penemuan itu terjadi karena mereka meneliti bagaimana bintang-bintang besar lahir di jagat lain. Kraus mengungkapkan bahwa Teleskop Luar Angkasa milik NASA, Spitzer, yang didukung oleh pantauan dari stasiun teleskop di Chile, berhasil merekam gambar suatu bintang yang dinamakan IRAS 13481-6124.

Bintang itu berlokasi di konstelasi Centaurus, yang berjarak 10.000 tahun Cahaya. Massa IRAS 20 kali lebih besar dari matahari. “Ini merupakan pertama kali benda seperti itu bisa terpantau,” kata Kraus.

Para peneliti juga menyaksikan bahwa bintang itu dikelilingi oleh kumpulan gas dan debu sehingga menyerupai cakram. Fenomena seperti ini juga terjadi pada bintang-bintang lain. “Cakram itu sangat mirip dengan apa yang telah kami lihat pada bintang-bintang muda, yang bentuknya lebih kecil, namun tetap saja besar,” kata Kraus. Gambar dari Spitzer ini menghasilkan citra yang lebih jelas dari yang pernah diperlihatkan sehingga membantu para ilmuwan untuk memahami lebih baik akan lahirnya bintang di jagat lain.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami