Nonton Bareng Piala Dunia di Bom, 23 Orang Tewas

Nasional / 12 July 2010

Kalangan Sendiri

Nonton Bareng Piala Dunia di Bom, 23 Orang Tewas

Puji Astuti Official Writer
2521

Ledakan bom terjadi di dua tempat berbeda dimana para penggemar bola sedang menyaksikan final Piala Dunia di Kampala, ibukota Uganda yang menyebabkan setidaknya 23 orang tewas. Menurut perkiraan, ledakan ini dilakukan oleh kelompok militant Islam Somalia.

Ledakan di Uganda ini mendapat reaksi keras dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama karena salah satu warganya tewas dalam ledakan tersebut. Obama mengatakan bahwa penyerangan tersebut sebagai tindakan pengecut, dan menyatakan Washington DC siap membantu Uganda untuk memburu mereka yang bertanggung jawab atas penyerangan tersebut.

Salah satu tempat yang menjadi target serangan adalah restoran Ethiopian Village yang berada di ditrik Kabalagala. Reatoran tersebut merupakan tempat berkumpulnya para penggemar bola dan banyak dikunjungi oleh orang asing. Tempat yang kedua adalah sebuah klub rugby yang menayangkan pertandingan Piala Dunia.

Diduga, kelompok penyerang memiliki keterkaitan dengan jaringan al Qaeda dan Osama bin Laden. Bom meledak beberapa menit menjelang akhir pertandingan, dan sepertinya para penyerang memang mentargetkan orang-orang asing yang berada di dua tempat tersebut.

Serangan bom terhadap mereka yang sedang nonton bareng Piala Dunia  ini merupakan serangan kedua. Sebelumnya pada Rabu malam (7/7) saat Jerman melawan Spanyol terjadi pelemparan granat terhadap sekelompok orang yang sedang nonton bareng di Somalia.

Sumber : Reuters
Halaman :
1

Ikuti Kami