Sekolah di AS Cegah Plagiarisme Dengan Teknologi

Nasional / 11 July 2010

Kalangan Sendiri

Sekolah di AS Cegah Plagiarisme Dengan Teknologi

Budhi Marpaung Official Writer
4251

Perkembangan teknologi yang ada saat ini membuat segala sesuatu yang dulunya mungkin sulit dilakukan manusia lewat sistem manual, kini bisa dengan mudah dilakukan.

Demi untuk mengatasi persoalan contek-mencontek di kalangan mahasiswa, para pengajar di perguruan tinggi yang ada di Orlando, Amerika Serikat kini memberlakukan kebijakan baru dimana setiap mahasiswa baru yang akan memilih teman sekamar dan mata pelajaran diharuskan menyelesaikan tutorial secara online tentang plagiarisme sebelum mereka masuk kuliah.

Seperti diberitakan New York Times, Jumat (9/7), mereka yang ketahuan menyalin karya orang lain baik dari internet maupun langsung dari rekannya akan diberikan sanksi oleh pihak perguruan tinggi.

Sementara itu, peneliti asal Amerika Serikat (AS), Donald L McCabe mengeluarkan hasil survei yang mengejutkan dimana dari 14 ribu mahasiswa strata-1, rata-rata 61 persen responden mengakui pernah curang dalam mengerjakan tugas dan ujian. 

Salah satu layanan anti-plagiarisme yang cukup terkenal dan digunakan oleh banyak sekolah maupun universitas di AS adalah Turnitin.com. Situs ini dipercaya oleh kalangan dunia pendidikan di negara Presiden Obama karena ketepatannya dalam menunjukkan apakah karya itu merupakan contekan atau benar-benar buah pikiran mahasiswa itu sendiri.Sepertinya ini perlu ditiru oleh pemerintah Indonesia bila ingin mencetak anak-anak bangsa yang berkualitas dan memiliki daya saing dengan dunia luar. Mari manfaatkanlah teknologi untuk kemajuan negara kita bersama.

Sumber : okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami