Pesawat Tenaga Surya Yang Terbang Di Malam Hari

Nasional / 11 July 2010

Kalangan Sendiri

Pesawat Tenaga Surya Yang Terbang Di Malam Hari

Lestari99 Official Writer
1849

Pesawat tenaga surya terbang di siang hari? Itu biasa. Tapi kalau pesawat tenaga surya terbang di malam hari? Itu baru luar biasa. Namun itulah yang terjadi pada pesawat super ringan yang dinamakan Solar Impulse ini. Pesawat percobaan bertenaga surya dengan kursi tunggal dan memiliki lebar sayap 208ft luas - seluas jet Jumbo - ditutupi dengan panel 12 ribu sel surya yang dirancang untuk mengumpulkan energi sinar matahari dan kekuatan empat motor listrik yang menggerakkan baling-baling sayap.

Pesawat uni telah diujicoba untuk terbang selama 24 jam penuh. Menjelang siang hari, pilot Andre Borschberg meluncur di ketinggian 9.850 kaki berusaha menghindari turbulensi tingkat rendah dan angin panas yang sering terjadi di pegunungan. Rencananya adalah menaikan pesawat ke ketinggian 27.900 kaki pada malam hari, dimana sebuah keputusan dibuat apakah akan melanjutkan perjalanan di malam hari dengan menggunakan tenaga surya yang tersimpan di dalam baterai. Namun terdapat masalah dengan sepotong kunci peralatan komunikasi yang memaksa tim ke darat dan sementara pesawat akan dimodifikasi.

Langkah berikutnya adalah menerbangkan pesawat ini dengan rute mengelilingi sepanjang dunia non stop yang direncanakan pada 2012 dalam sebuah pesawat yang memiliki lebar sayap 262.5ft.

Meskipun tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa perjalanan udara mungkin bebas emisi, tim mengatakan energi tenaga surya tidak menggantikan teknologi konvensional jet dalam waktu dekat. Sebaliknya, proyek ini dirancang untuk menguji dan mempromosikan teknologi baru yang hemat energi.

Sumber : antaranews
Halaman :
1

Ikuti Kami