Pemprov DKI Buat MRT yang Rampung 2012

Nasional / 26 June 2010

Kalangan Sendiri

Pemprov DKI Buat MRT yang Rampung 2012

Lois Official Writer
2129

Beragam cara ditempuh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengurangi kemacetan. Pada upaya terakhir yang dilakukan pemerintah yaitu dengan menganjurkan masyarakat untuk menggunakan busway. Memang ada hasil yang dicapai walaupun tidak begitu kelihatan. Bagi masyarakat yang mempunyai mobil, mereka kebanyakan tetap memilih menggunakan mobil karena dianggap mudah bila hendak bepergian ke mana-mana.

Saat ini pemerintah mencanangkan untuk membuat kereta bawah tanah atau Mass Rapid Transit (MRT) yang akan bisa dinikmati tahun 2012 mendatang. Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto, MRT koridor I dengan rute Lebak Bulus – Dukuh Atas akan diteruskan hingga kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI).

“Untuk atasi kemacetan kita ingin bangun kereta api dari Lebak Bulus ke Bundaran HI (yang merupakan) pinjaman Jepang sebesar 120 milyar yen. 42 persennya ditanggung pusat, dan 58 persennya Pemprov DKI,” ujar Prijanto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (25/6).

“Desainnya Oktober 2010, tender sampai November 2011. Konstruksi selesai 2010, baru kita bisa menikmati. Untuk menyiapkan angkutan umum massal itu perlu waktu yang panjang. Belum lagi jalan tol, semua proses untuk selesaikan kemacetan perlu ruang, waktu, dan dana,” jelasnya.

Pemprov kini telah mengkaji usulan pengaturan seperti 3 in 1 yang harus diganti karena dirasa kurang efektif, wacana (nopol) ganjil genap, mobil tua tidak boleh keluar dan lain-lain.

Macet memang tidak mengenakkan, apalagi sedang diburu-buru waktu. Lewat sini salah, lewat situ salah. Jadi, kita harapkan benar-benar bahwa rencana ini akan berjalan dengan lancar, jangan sampai sudah mengeluarkan uang banyak, mengutang lagi, tapi tidak ada hasil yang dicapai.

Sumber : okezone/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami