10 Tips Agar Bisa Tidur Malam Dengan Lelap

Psikologi / 22 June 2010

Kalangan Sendiri

10 Tips Agar Bisa Tidur Malam Dengan Lelap

Budhi Marpaung Official Writer
4045

1. Patuhi tiga dasar lingkungan tidur yang baik. Pertama, pastikan kamar Anda gelap. Ini mungkin berarti Anda harus menggunakan tirai pembuat gelap atau masker tidur. Kedua, ruangan harus tenang. Ketiga, ruangan harus dingin.

2. Kurang tidur sering merupakan gejala kecemasan, khawatir, obsesi, rasa bersalah, kemarahan yang belum terselesaikan, depresi dan banyak masalah emosional dan spiritual lainnya. Pastikan bahwa Anda menyelesaikan masalah Anda atau menyembuhkan luka batin Anda. Bagian terpenting dari perawatan masalah ini adalah dengan menyerahkannya kepada Allah. Izinkan Dia untuk menangani dan menyembuhkan apa yang di luar kemampuan Anda.

3. Kurang tidur kerap terjadi karena tingkat serotonin di dalam tubuh orang tersebut tergolong rendah. Serotonin dapat diisi kembali melalui makan makanan yang mendorong produksi serotonin. Kalkun, susu, dan pisang adalah contoh-contoh makanan tersebut. Kedua, ada suplemen seperti 5HTP yang mungkin membantu. Dari pengalaman lain, orang yang mengalami deplesi serotonin bisa terjadi akibat kelainan genetik, yang mungkin memerlukan pengobatan. Jangan makan protein larut malam. Hal ini dapat membuat Anda tetap terjaga.

4. Setelah makan malam, jalan-jalanlah sebentar atau lakukan beberapa jenis latihan, tapi ingat lakukan hal tersebut minimal 3 jam sebelum waktu tidur. Latihan terlalu dekat dengan waktu tidur dapat menjadi perangsang. Olahraga sebelum tidur dapat membantu Anda lebih santai.

5.Tepat sebelum Anda siap untuk tidur, minumlah setengah cangkir teh herbal yang mengandung bahan seperti Valerian atau chamomile.

6. Ubahlah apa yang Anda konsumsi. Jangan minum (atau makan) sesuatu yang mengandung kafein lewat tengah hari. Cokelat, teh, kopi, minuman bersoda, dan minuman sarat kafein lain tidak boleh dikonsumsi pada sore hari. Periksalah bahan makanan atau minuman apa pun yang Anda makan untuk memastikan kafein, ephedra, atau stimulan lainnya benar-benar tidak ada.

7. Cukup sinar matahari dibutuhkan sepanjang hari untuk mengatur siklus tidur yang tepat. Jika Anda memiliki gangguan afektif, Anda mungkin membutuhkan kotak lampu untuk menambahkan cahaya tambahan pada siang hari.

8. Jika Anda berjuang dengan tidur, jangan menonton televisi di tempat tidur. Pergilah ke ruangan lain dan bacalah buku sampai Anda mengantuk. Jangan bangun dan menonton televisi karena warna dan terang akan terlalu merangsang ke otak.

9. Jika Anda bangun di tengah malam, jangan nyalakan lampu atau melihat pukul berapa saat itu. Kedua hal ini dapat merangsang otak dari modus tidurnya. Berbaringlah kembali ke tempat tidur Anda dan lihat apakah Anda dapat tidur. Jika tidak, bangun, pergi ke ruangan lain dan bacalah buku di bawah cahaya lembut sampai Anda merasa mengantuk. Kembalilah ke tempat tidur dan berbaring di sana, beristirahatlah, bahkan jika Anda tidak ingin tidur. Kemungkinan besar, Anda akan segera tidur tanpa menyadarinya.

10. Cobalah untuk mengembangkan sebuah rutinitas yang berjalan dan tepatilah. Pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama.

Sumber : cbn.com; Steve Arterburn
Halaman :
1

Ikuti Kami