Inilah Prediksi Mendiknas Mengenai Anggaran Pendidikan Pada 2014

Nasional / 20 June 2010

Kalangan Sendiri

Inilah Prediksi Mendiknas Mengenai Anggaran Pendidikan Pada 2014

Budhi Marpaung Official Writer
2789

Anggaran pendidikan di Indonesia akan terus naik setiap tahunnya dan diprediksi pada 2014 mencapai angka Rp 330 triliun. Demikian ungkap Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh ketika menyampaikan presentasi di depan anggota DPR, Kamis (17/6) malam lalu.

Dalam pertemuan rapat dengar pendapat antara pemerintah dan DPR yang berlangsung di ruang rapat komisi X DPR, mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) itu mengatakan optimalisasi anggaran pendidikan akan memberi dampak positif bagi kemajuan pendidikan bangsa.

Namun, tambahnya, ada beberapa biaya tetap yang tak bisa diturunkan dan sangat berpengaruh pada kualitas pendidikan jika harus mengalami perubahan, seperti dana BOS SD, BOS SMP, dan beasiswa miskin siswa SD.

Pada kesempatan yang sama, Nuh menyatakan anggaran pendidikan harus ditata lebih baik lagi dengan tetap memperhatikan sejumlah aspek dan rencana, serta target yang sudah dirancang sebelumnya.

Tujuan dari peningkatan anggaran pendidikan sangatlah baik, tetapi melihat banyaknya kebocoran dalam pelaksanaan rencana selama ini sepertinya hal tersebut malah akan memperbesar korupsi di dalam tubuh Kementerian Pendidikan Nasional dan instansi dibawahnya. Alangkah lebih baik jika penyelesaian kasus pencurian uang rakyat di bidang pendidikan ditangani dengan serius terlebih dahulu, barulah kemudian kenaikan anggaran pendidikan dilaksanakan.

Sumber : Kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami