Indonesia Pimpin Pertemuan Konvensi PBB Tentang Hukum Laut

Nasional / 15 June 2010

Kalangan Sendiri

Indonesia Pimpin Pertemuan Konvensi PBB Tentang Hukum Laut

Budhi Marpaung Official Writer
2769

Kiprah Indonesia di kancah internasional kembali diakui oleh dunia. Pada Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Hukum Laut 1982 di Markas Besar PBB, New York, Senin (14/6), Indonesia terpilih secara aklamasi sebagai presiden untuk Pertemuan the 20th Meeting of States Parties to the 1982 United Nations Convention on the Law of the Sea/SPLOS yang berlangsung dari tanggal 14-18 Juni 2010.

Pada pertemuan tingkat dunia ini, Indonesia diwakili oleh Arif Havas Oegroseno. Arif Havas Oegroseno merupakan Direktur Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional, Kementerian Luar Negeri. 

Dengan terpilihnya Indonesia sebagai Presiden SPLOS maka segala pembahasan yang berkaitan dengan berbagai isu penting terkait hukum laut akan dipimpin dan diatur oleh pihak Indonesia. Adapun jabatan yang diemban oleh Arif Havas Oegroseno ini berlaku hingga tahun 2011.  

Isu-isu hukum laut yang masih diperbincangkan oleh dunia internasional antara lain segala hal yang terkait laporan Tribunal Internasional untuk Hukum Laut (the International Tribunal for the Law of the Sea/ITLOS), laporan Sekretaris Jenderal Badan Otoritas Dasar Laut Internasional (the International Seabed Authority/ISA), dan pembahasan masalah-masalah terkait anggaran.

Wah, berita baik seperti dari Amerika Serikat ini kiranya sering dikabarkan ke rakyat Indonesia. Rakyat di republik ini pasti akan mengakui jika pemerintah memang memiliki prestasi dan menunjukkan hal-hal bagi kemajuan bangsa.

Sumber : detiknews
Halaman :
1

Ikuti Kami