Tim Independen Israel Selidiki Serangan Kapal Kemanusiaan

Nasional / 14 June 2010

Kalangan Sendiri

Tim Independen Israel Selidiki Serangan Kapal Kemanusiaan

Puji Astuti Official Writer
2098

Pada hari Minggu (13/6) lalu Israel mengumumkan “komisi umum independent” yang akan menyelidiki serangan angkatan lautnya terhadap kapal kemanusiaan. Dalam tim ini terdapat dua pengamat asing, dan akan dipimpin oleh seorang pengsiunan hakim mahkamah agung Israel, Yaakov Tirkel.

"(Komisi ini) untuk menyelidiki aspek-aspek yang berkaitan dengan tindakan yang diambil oleh negara Israel dan untuk mencegah kapal-kapal mencapai pantai Gaza pada 31 Mei," demikian pernyataan dari kantor Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Pengamat asing yang terlibat dalam penyelidikan ini adalah Daved Trimble, penerima hadiah Nobel perdamaian dari Irlandia dan Ken Watkin yang pernah menjabat sebagai hakim dan penasehat umum pasukan bersenjata Kanada.  Keduanya hanya berfungsi sebagai pengamat, sehingga tidak berhak memutuskan sesuatu.

Pembentukan tim independent ini adalah hasil tekanan dari dunia internasional yang mengecam keras tindakan penyerangan yang dilakukan oleh angkatan laut Israel terhadap kapal kemanusiaan. Blokade Israel dan Mesir terhadap Gaza telah berlangsung  sejak 2006 karena seorang prajurit Israel ditangkap oleh Hamas. Hal ini direspon oleh Hamas dengan tembakan ribuan roket dan mortir ke arah Israel.

Sumber : Antara News
Halaman :
1

Ikuti Kami