Martua Sitorus, Orang Kaya dari Tanah Siantar

Entrepreneurship / 6 June 2010

Kalangan Sendiri

Martua Sitorus, Orang Kaya dari Tanah Siantar

Puji Astuti Official Writer
6150

Martua Sitorus, pria ini merupakan orang terkaya no dua di Indonesia menurut majalan bisnis Forbes. Campuran antara Batak dan Tionghoa dalam darahnya, seperti menjadi chemistry yang memupuk kemampuan bisnisnya.

Pria asal Pematang Siantar ini memulai bisnisnya sebagai pedagang minyak sawit dan kelapa sawit di Indonesia dan Singapura. Apa yang dimulainya ini berkembang pesat, dan pada tahun 1991, dirinya telah memiliki kebun kelapa sawit sendiri seluar 7.100 hektar di Sumatera Utara. Di tahun yang sama Martua mendirikan pabrik pengolahan minyak kelapa sawit pertamanya.

Untuk memperkuat bisnisnya, Martua mendirikan Wilmar International Limited yang di nahkodainya dari negara tetangga Singapura. Hal ini menjadikannya pemilik perusahaan agrobisnis terbesar di Asia dan perusahaannya tersebut telah tercatat sebagai perusahaan publik di Bursa Efek Singapura.

Inovasi terus dilakukannya, Martua mulai membangun pabrik biodiesel pada tahun 2007 di Riau. Kini tiga pabrik biodieselnya masing-masing berkapasitas 350.000 ton per tahun, jadi keseluruhan kapasitas pabriknya menghasilakn 1.050 juta ton per tahun.

Martua Sitorus saat ini tercatat memegang sekitar 48 perusahaan, yang salah satunya adalah PT Multimas Nabati Asahan, dengan produk yang tidak asing lagi bagi masyarakat yaitu minyak goreng Sania. Pria yang lahir 50 tahun lalu ini dikenal dengan nama kecil A Hok, dan lulusan Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen. 

Sumber : Berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami