Kebakaran di Dhaka Memakan Korban 114 Orang

Nasional / 5 June 2010

Kalangan Sendiri

Kebakaran di Dhaka Memakan Korban 114 Orang

Puji Astuti Official Writer
2306

Kebakaran di Kota Dhaka, Bangladesh sedikitnya menewaskan 114 orang. Para petugas penyelamat berusaha semampunya untuk menarik tubuh-tubuh yang hangus dan tidak bisa di kenali lagi dari puing-puing yang masih membara.

Kebakaran ini terjadi sekitar 10:30 waktu setempat dan merupakan salah satu kebakaran terburuk yang terjadi di ibukota Bangladesh selama hampir empat dekade terakhir.

“Jumlah korban tewas dalam kebakaran saat ini 114 orang dan masih akan terus bertambah,” demikian kata Muhibul Gaque, kepala distrik Dhaka kepada Reuters Jumat (4/6). Dia menyatakan ada 40 orang yang di rawat karena mengalami luka bakar dan 12 orang dalam keadaan kritis.

Sumber api di perkirakan dari bahan kimia illegal yang berasal dari pabrik rumahan illegal di daerah Kayettuli, salah satu daerah paling padat penduduk di Dhaka.

“Rasanya seperti neraka sedang meledak,” demikian ratap seorang wanita yang mencari putri dan putranya yang masih tertinggal di daerah tersebut.

Televisi lokal memberitakan bahwa korban meninggal ada 150 orang, termasuk belasan orang yang meninggal di rumah sakit. Kepala polisi menyatakan sulit untuk menyebutkan berapa jumlah korban tepatnya karena pencarian masih belum selesai.

Pemerintah Bangladesh telah memerintahkan penyelidikan resmi untuk mencari penyebab kebakaran. Jahangir Kabir Nanak, Menteri Negara untuk pemerintahan daerah menyatakan banyak korban dalam kebakaran di sebabkan banyak bangunan tidak menyediakan fasilitas darurat untuk mengatasi kebakaran. Selain itu sempitnya jalan juga mempersulit para pemadam kebakaran untuk mengatasi amukan api.

Sumber : Reuters
Halaman :
1

Ikuti Kami