Pastor Kong Hee Jalani Pemeriksaan, Gereja Tetap Berjalan

Internasional / 4 June 2010

Kalangan Sendiri

Pastor Kong Hee Jalani Pemeriksaan, Gereja Tetap Berjalan

Puji Astuti Official Writer
10240

Senior pastor City Harvest Pastor Kong Hee bersama 16 orang staf dan jemaatnya di panggil oleh Commersial Affairs Departemen Singapura untuk ditanyai atas kasus kemungkinan adanya penyalahgunaan dana gereja pada Senin (31/5) lalu.

Dalam berita yang dirilis oleh Todayonline, polisi juga mengamankan komputer dan catatan-catatan keuangan gereja City Harvest dari rumah dan kantor mereka untuk penyelidikan lebih lanjut.

Hal ini menimbulkan pro dan kontra bagi gereja dengan jemaat sekitar 30.000 orang ini. City Harvest menjadi sorotan saat melakukan investasi pada Suntec Singapore’s Convention Centre sebesar 310 juta dolar. Dana tersebut berasal dari sumbangan jemaat.

Dalam pernyataan resmi Dewan Manajemen Gereja City Harvest di laman web mereka, bahwa gereja tersebut bekerjasama penuh dengan pemerintah dalam penyelidikan tersebut.

Dalam pernyataan tersebut juga membenarkan bahwa gereja telah melakukan akusisi saham Suntec Convention Centre melalui perusahaan yang telah mereka tunjuk. Dengan penggunaan perusahaan khusus tersebut, berarti investasi tersebut tidak memiliki status amal dan tidak berhak atas fasilitas pajak dan lainnya.

Akusisi tersebut dibuat dengan tujuan untuk melindungi kepentingan gereja terhadap biaya sewa dimana ibadah di laksanakan di tempat tersebut. Dana sebesar 310 juta dolar tersebut bukanlah harga gedung tersebut, namun termasuk berbagai biaya gereja dimana di dalamnya termasuk biaya sewa , renovasi, peralatan, jaminan sewa, biaya penjaminan sewa, dan juga biaya pergeseran berkala.

Proses penyelidikan atas CHC kemungkinan akan berlangsung sekitar empat bulan ke depan. Dalam proses ini, gereja akan tetap melayani seperti biasa.

Sumber : Berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami