Kapal Bantuan Diserang, 16 Tewas Dan 30 Cedera

Nasional / 31 May 2010

Kalangan Sendiri

Kapal Bantuan Diserang, 16 Tewas Dan 30 Cedera

Daniel Official Writer
2778

Kapal dari rombongan kapal pengangkut bantuan kemanusiaan, Mavi Marmara, diserang oleh pasukan Israel setelah kapal tersebut berupaya menerobos blokade di Gaza pada Senin (31/5) pagi. Dalam serangan ini dilaporkan 16 orang tewas dan lebih dari 30 orang cedera. Demikian diberitakan oleh Kompas.com, Senin(31/5).

Kumpulan kapal ini diserang di perairan internasional atau 65 kilometer lepas pantai Gaza. Pasukan Israel yang masuk ke kapal setelah diterjunkan dari beberapa helikopter. Menurut laporan wartawan Al Jazeera, Jamal Elshayyal, pasukan Israel menggunakan peluru tajam di dalam operasinya itu. Sementara radio Angkatan Bersenjata Israel menyebutkan, pasukan Israel melepaskan tembakan setelah sempat berkonfrontasi dengan sejumlah orang di atas kapal yang membawa sejumlah benda tajam.

Wakil Menteri Luar Negeri Israel Daniel Ayalon mengatakan, penyergapan kapal tersebut dilakukan setelah peringatan yang diberikan pasukan Israel diabaikan. Mereka telah menyerukan berulang kali supaya kapal tesebut tidak memasuki wilayah yang diblokade namun peringatan tersebut tidak diabaikan. Sementara Gerakan Gaza Merdeka, penyelenggara dari gerakan bantuan kemanusiaan itu, menyebutkan, kapal-kapal pengangkut bantuan kemanusiaan telah ditarik ke kota Israel, Haifa, dan bukan ke Ashdod untuk menghindari kerumunan wartawan.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami