Akhirnya, OC Kaligis Terhempas Dari Seleksi Pimpinan KPK

Nasional / 31 May 2010

Kalangan Sendiri

Akhirnya, OC Kaligis Terhempas Dari Seleksi Pimpinan KPK

Budhi Marpaung Official Writer
2292

Pengacara senior Indonesia, OC Kaligis harus gigit jari setelah Panitia Seleksi (Pansel) Pemilihan Ketua Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencoret namanya dari seleksi pendaftaran. Alasan Pansel menolak berkas ayah dari selebritis Velove Vexia tersebut karena usianya telah melebihi syarat adminstratif yang telah ditentukan untuk menjadi pimpinan KPK, yakni 40-60 tahun.

Ketua Pansel KPK Patrialis Akbar di, Jakarta, Senin (31/5), mengatakan syarat administratif ini tidak bisa ditawar-tawar. Walaupun OC Kaligis beserta calon pimpinan KPK lain yang berkasnya ditolak oleh Pansel Farhat Abbas mengajukan judicial review ke Mahkamah Agung, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia tersebut tak akan mengubah keputusan yang telah dibuat.

Patrialis mengaku setiap warga negara Indonesia diperbolehkan mendaftarkan diri untuk menjadi pimpinan KPK asal ia mempunyai integritas dan memenuhi syarat adminstratif. Setiap calon, tambahnya, diwajibkan membuat profile assement, rekam jejak dan verikasi harta-harta yang ada.

Untuk diketahui, OC Kaligis dilahirkan di Makasar pada 19 Juni 1942. Peraih Doktor dari Universitas Padjadjaran tersebut dikenal sebagai pengacara yang sangat dekat dengan keluarga cendana.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami