Siswa Pintar Terancam Gagal Ikut Olimpade Karena Masalah Dana

Nasional / 25 May 2010

Kalangan Sendiri

Siswa Pintar Terancam Gagal Ikut Olimpade Karena Masalah Dana

Budhi Marpaung Official Writer
2994

Andi Dwi Putra, siswa SMAN 38 Jakarta, sedang gundah gulana karena kepastiannya mengikuti olimpiade ilmiah internasional bidang lingkungan di Belanda pada awal Juni 2010 masih terkatung-katung.  

Menurut Andi, kekhawatiran akan kegagalan mengikuti International Environment & Scientific Project Olympiad (INESPO) 2010 di Belanda timbul adalah karena sampai saat ini dana yang dibutuhkan mengikuti kegiatan tersebut masih belum dapat terpenuhi.

Ia menilai bahwa pemerintah kurang peduli terhadap apa yang ia kerjakan, padahal apa yang dilakukannya adalah untuk mengangakat nama bangsa Indonesia juga di dunia internasional.

Perlakuan ini, tambahnya, bukan kali pertama dialami. Pada saat mengikuti SEAMEO Young Scientist (SSYS) di Malaysia Maret lalu, tidak ada satupun dukungan dari negara yang diterimanya.

"Situasinya berbeda jauh dari kompetisi-kompetisi internasional lainya yang benar-benar didukung oleh negara. Padahal kami sama-sama membawa nama Indonesia. Dalam kompetisi tersebut kami di dukung oleh pihak swasta dan benar-benar mandiri dalam pengumpulan dana," ujar Andi seperti dikutip dari okezone.com, Selasa (25/5).

Andi berharap pemerintah dapat lebih peduli dengan kondisi pelajar-pelajar Indonesia yang mengikuti olimpiade internasional seperti dirinya. Sekarang ia sedang menanti respon pemerintah tentang apa yang saat ini ia alami.

INESPO adalah sebuah olimpiade tingkat internasional yang diselenggarakan pertama kali pada 16 Mei 2009. Pada penyelenggaran tahun keduanya, INESPO 2010 diikuti 43 negara dari seluruh dunia. Andi Dwi Putra merupakan finalis bidang biologi dalam ajang olimpiade yang rencananya akan diadakan satu tahun sekali ini.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami