Kartunis AS Minta Maaf Kepada Umat Islam

Nasional / 22 May 2010

Kalangan Sendiri

Kartunis AS Minta Maaf Kepada Umat Islam

Daniel Official Writer
3195

Molly Norris, seorang kartunis asal Seattle, Amerika Serikat, telah meminta maaf kepada umat Islam berkaitan dengan munculnya kontes menggambar wajah nabi umat Islam. Hal ini ditulis dalam blog miliknya, mollynorris.com, Norris juga meminta agar kontest yang berjudul "Everybody Draw Mohammed Day" tersebut dibatalkan. Hal itu dilakukannya karena memicu gelombang protes  dan pemblokiran situs Facebook di berbagai negara.

Norris sebenarnya tidak pernah berpikir untuk menggelar kontes seperti itu. Menurut dia, kartun buatannya itu cuma main-main. Kartun itu sebenarnya adalah sindiran yang ditujukan kepada stasiun televisi di AS, Comedy Central, yang menyensor tayangan salah satu episode acara kartun South Park karena menampilkan gambar Nabi Muhammad. Pembatalan itu terkait tekanan dari Revolusionmuslim.com yang mengancam pembuat kartun South Park tersebut.

Ia juga menyatakan diri bukan pembuat halaman di Facebook yang mengajak orang lain untuk sama-sama menggambar kartun Nabi Muhammad. Ia menyatakan, kartunnya telah disalahartikan dan ditunggangi orang lain sehingga malah menebar kebencian kepada umat Islam. Bahkan, Norris menyatakan dengan gamblang bahwa ia bergabung dengan grup lain di Facebook yang menentang kontes tersebut.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami