Piala Dunia Bisa Hapus Kemiskinan dan Konflik Afrika

Nasional / 11 May 2010

Kalangan Sendiri

Piala Dunia Bisa Hapus Kemiskinan dan Konflik Afrika

Puji Astuti Official Writer
2441

Tiga puluh hari lagi Piala Dunia akan dimulai, dan tiket yang belum terjual hanya tinggal 10 persen. Mantan presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki meramalkan bahwa dengan diadakannya Piala Dunia 2010 ini benua Afrika akan “mengubah kisah kemiskinan dan konflik yang telah terjadi berabad-abad.”

Namun sebulan menjelang piala dunia tidak ada tanda-tanda ambisi besar itu bisa terwujud, seberapa besarpun event maupun seberapa besarpun keuntungan yang di dapat.

Untuk acara akbar ini, Fifa telah mendapatkan uang dari televisi dan sponsor sebesal 3.3 miliar dolar.

Dengan mengeluarkan 5 miliar dolar, dari pemerintah Afrika Selatan ditambah investasi Fifa sebesar 1.1 miliar dolar, menjadikannya Piala Dunia ini termahal yang pernah ada.

Selain membangun 10 stadiun lapangan bola, bandara, jalan raya, bahkan kereta cepat pertama di Afrika selatan, penyelenggara berharap bisa memanjakan acara akbar yang menjadi perhatian seluruh dunia ini.

Apakah hal ini akan mengubah wajah kemiskinan dan konflik yang ada di Afrika Selatan? Hal ini sangat diragukan. Hanya dalam hitungan hari, milyaran dolar mengalir ke benua Afrika ini. Tapi untuk mengentaskan kemiskinan, itu bukanlah pekerjaan satu hari.

Sumber : BBC
Halaman :
1

Ikuti Kami