Hacker  Jual 1,5 Juta Akun FB Di Black Market

Nasional / 5 May 2010

Kalangan Sendiri

Hacker Jual 1,5 Juta Akun FB Di Black Market

Daniel Official Writer
5696

Seorang hacker telah mencuri  1,5 juta akun Facebook untuk dijual di black market, hal ini diungkapkan oleh sebuah perusahaan keamanan internet. Peneliti dari VeriSign's iDefense Labs mengatakan mereka menemukan akun curian atau palsu pada sebuah forum Rusia yang disebut Carder.su.

Seorang hacker yang diberinama 'kirllos' itu menawarkan log-in data dari ribuan pengguna Facebook dengan harga sangat murah. Akun FB dengan jumlah teman kurang dari 10 hanya dihargai 25 dolar AS atau sekitar Rp 230 ribuan sementara akun yang memiliki teman lebih dari 10 dijual dengan harga  45 dolar AS atau sekitar Rp 400 ribuan.

Direktur iDefense Rick Howard, mengatakan kasus ini sedang marak dalam perdagangan ilegal akun jaringan sosial dari Eropa Timur ke AS. Pelaku biasanya mencuri data dengan teknik 'phishing' yaitu mengelabui pengguna agar memberikan password mereka sehingga mereka dapat mengunakan informasi pribadi pengguna FB termasuk tanggal lahir, alamat dan nomor telepon untuk melakukan penipuan identitas.

Facebook sendiri telah membentuk tim keamanan untuk memantau jaringannya dari kegiatan yang mencurigakan, seperti permintaan banyak teman dalam waktu singkat dan tingkat tinggi permintaan teman yang diabaikan. Pengguna yang mencurigai akun mereka telah di-hack dapat melaporkan hal tersebut melalui Help Center. Kejahatan bisa terjadi dimana saja termasuk di dunia maya, tidak ada salahnya jika Anda bersikap hati-hati.

Sumber : dailymail.co.uk/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami