DPR RI Minta Gedung Baru Senilai 1,8 T

Nasional / 4 May 2010

Kalangan Sendiri

DPR RI Minta Gedung Baru Senilai 1,8 T

Puji Astuti Official Writer
1574

Masyarakat dibuat geleng-geleng kepala kembali oleh para anggota dewan yang terhormat. Kali ini DPR RI meminta dibuatkan gedung baru senilai 1,8 T dengan alasan gedung yang lama yaitu Gedung Nusantara I mengalami kemiringan 7 derajat dan sudah melebihi kapasitas.

Anehnya, pihak Kementerian Pekerjaan Umum tidak merasa pernah memberikan rekomendasi bahwa gedung tersebut mengalami kemiringan.

"Dengan ketinggian gedung 99 meter, apabila terjadi kemiringan 7 derajat, maka (gedung) akan mengalami simpangan (miring) 8 meter. Itu pasti terlihat jelas," demikian ungkap Sumaryanto Widayatin, Kepala Badan Peneliti dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum.

Menurut Sumaryanto, PU telah melakukan pemeriksaan terhadap gedung tersebut dalam dua tahap, yaitu pemeriksaan visual untuk mengidentifikasi jenis dan tingkat kerusakan. Dan yang keuda dengan pengujian lapangan dan analisis struktur keseluruhan.

Gedung Nusantara I ini baru dipakai selama 13 tahun, jika dinyatakan tidak layak huni maka solusinya seharusnya bukan hanya membangun yang baru saja, namun juga melakukan penyelidikan terhadap kontraktor yang membangun gedungnya.

Saat ini anggaran 1,8 triliun rupiah ini sudah disetujui oleh pemerintah, dengan tahap pertama sebesar 250 miliar akan digelontorkan pada tahun 2010. Dengan dana triliunan rupiah bagi gedung DPR ini, rakyat bertanya-tanya apakah DPR memiliki rasa senasib sepenanggungan dengan masyarakat kecil di bangsa ini. Anda sendiri, setujukah dengan permintaan DPR untuk gedung baru ini, berikan pendapat Anda.

Sumber : Kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami