Ratusan Binatang Laut Terancam Punah Karena  Minyak Bocor

Nasional / 1 May 2010

Kalangan Sendiri

Ratusan Binatang Laut Terancam Punah Karena Minyak Bocor

Lois Official Writer
2852

Bocornya minyak dalam jumlah yang sangat besar di Pantai Gulf pada hari Kamis yang lalu mengancam kemusnahan binatang liar di wilayah tersebut. penyebab dari kebocoran ini adalah dari sumur bawah tanah yang meledak minggu lalu sebanyak 5.000 barrel per hari atau 210.000 galon, lima kali lebih banyak dari yang diperkirakan. Kejadian ini terjadi di Louisiana, Missisippi, Alabama dan sekitar Florida.

Walaupun sudah dilakukan pencegahan dan juga meminta bantuan dari militer US, namun pihak pemeliharaan binatang liar mengatakan bahwa minyak tersebut dapat menimbulkan ancaman.

“Kehilangan 11 pekerja saat ledakan mungkin hanya awal dari tragedy dari bocornya minyak yang membahayakan kehidupan burung dan binatang laut dan semua komunitas yang bergantung pada hal itu,” kata Melanie Driscoll, direktur dari Louisiana Coastal Initiative.

Selain burung, binatang lain yang terancam bahaya adalah remis, kepiting, tiram,  semua ikan di area tersebut, apalagi udang Gulf saat ini pada masa bertelur. Lebih dari 400 spesies terancam bahaya.

Sudah dilakukan perlindungan atas kehidupan binatang liar. Tom MacKenzie, petugas dari US Fish and Wildlife Service mengatakan, “Kami tahu apa yang kami lakukan adalah untuk melindungi aset alam yang banyak itu…banyak orang yang berharap agar masalah ini selesai.”

Sumber : cnn/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami