Militer AS Luncurkan Pesawat X-37B Ke Orbit

Nasional / 24 April 2010

Kalangan Sendiri

Militer AS Luncurkan Pesawat X-37B Ke Orbit

Daniel Official Writer
3026

Pesawat X-37B merupakan prototipe pesawat ruang angkasa yang dibuat untuk militer Amerika Serikat telah diluncurkan ke orbit dari pangkalan Angkatan Udara Tanjung Canaveral, Florida. Pesawat X-37B yang memiliki panjang 9 meter dan lebar 4,5 meter ini merupakan versi kecil pesawat ulak alik ruang angkasa yang tidak berawak dan akan kembali ke bumi sendiri tanpa kendali pusat kontrol, ini merupakan sejarah baru dalam program ruang angkasa Amerika Serikat.

Dengan mesin yang menempel dibelakang membuat pesawat ini mudah berpindah orbit, sedangkan untuk energi pesawat ini didukung dengan system sel tenaga matahari dan batere lithium-ion. Pesawat itu dirancang untuk mengorbit hingga 270 hari dan setelah misi ini selesai, satu perintah akan dikirim dari bumi agar pesawat menyalakan mesin dan kembali menembus atmosfir untuk mendarat. Kemudian pesawat itu menavigasi sendiri perjalanan pulang ke landasan pacu utama di pangkalan Angkatan Udara Vandendberg, Kalifornia.

Meskipun tujuan utama dan biaya program ini masih rahasia, Angkatan Udara Amerika mengungkapkan bahwa pesawat tersebut akan digunakan untuk menguji sistem pengarahan, navigasi dan kendali canggih, sistem perlindungan suhu, serta struktur suhu tinggi. Pesawat X-37B sendiri mulai dikembangkan sejak tahun 1999 sebagai program badan ruang angkasa Amerika Serikat, NASA, namun badan ini menyerahkan proyek itu ke pentagon bulan September 2004. Saat ini, militer AS sedang menunggu perkembangan dari ujicoba ini sebelum pengembangan selanjutnya.

Sumber : bbc.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami