Korban Miras Oplosan Bertambah Menjadi 21 Orang

Nasional / 23 April 2010

Kalangan Sendiri

Korban Miras Oplosan Bertambah Menjadi 21 Orang

Daniel Official Writer
3292

Minuman keras oplosan kembali menelan korban. Di Salatiga, 21 orang tewas karena mengkonsumsi minuman keras oplosan jenis ciu yang dicampur dengan methanol pada hari Jum’at(16/4). Metanol adalah sejenis alkohol yang sering dipakai di bidang industri. Seluruh korban tewas sebelumnya sempat mendapat perawatan di ruang Intensive Care Unit (ICU) RSUD Kota Salatiga selama beberapa hari. Korban ke 21 yang bernama Rino Setianto (26) akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada Kamis (22/4) dan dimakamkan di tempat pemakaman setempat.

Terkait kasus yang menewaskan puluhan orang ini, pihak Polres Salatiga belum memberikan pernyataan resmi, termasuk mengenai penetapan status tersangka penjual minuman keras oplosan yakni Rusmanadi alias Tius (39). Warga Jalan Karangpete RT 3 RW 6 Kelurahan Kutowinangun, Kelurahan Tingkir, Kodya Salatiga tersebut masih menjalani pemeriksaan intensif di polres setempat untuk pengembangan kasus lebih lanjut.

Sebagai langkah antisipasi maraknya peredaran minuman keras oplosan, Kapolda Jateng Irjen Pol Alex Bambang Riatmodjo telah menginstruksikan seluruh jajaran Polwil, Polres, dan Polsek untuk lebih menggiatkan razia penertiban minuman keras di sejumlah tempat. Langkah kepolisian ini harus didukung oleh masyarakat dengan melaporkan jika ada yang menjual minuman keras oplosan karena sangat berbahaya bahkan bisa menimbulkan kematian.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami